21 Pilihan Lokasi Glamping Penghilang Rasa Pusing


Best of Indonesia - Outing - 972 Hits

Percaya sih kalau ngejalanin rutinitas sehari-hari yang itu-itu aja pastinya bakal bikin kamu bosen, ditambah dengan mikirin urusan hidup yang #rauwisuwis pasti sukses bikin kita jadi pusing tujuh keliling. Dan, saat itulah kamu menyadari bahwa ternyata kamu butuh liburan, tapi sayangnya kamu akan kembali dibuat pusing dengan kegalauan memilih lokasi liburan mana yang asyik dan beda dari biasanya. Nah, ga usah diambil pusing, karena berikut Tamasyeah bahas 21 pilihan lokasi glamping penghilang rasa pusing di Indonesia yang bakal bikin kamu relax sejenak. 

 

1. TROPICAL VIBES GLAMPING DI ANTARA POHON KELAPA GILI TRAWANGAN : LA COCOTERAIE ECOLODGE

Buat kamu yang punya rencana untuk ke Gili Trawangan, coba menginap di satu-satunya tempat glamping di sini, Dengan latar belakang pulau tropis yang dikelilingi pohon kelapa dan pantai-pantai berpasir putih, kamu bakal amazed ketika bermalam di La Cocoteraie Ecolodge ini dan bisa sepenuhnya menikmati tropical vibes khas Gili Trawangan.

via booking.com

via id.hotels.com

La Cocoteraie Ecolodge total memiliki 8 tenda dimana masing-masing tendanya punya teras privat dengan tempat buat duduk-duduk yang bisa kamu pakai untuk relax ngilangin pusing sambil fokus enjoy tropical vibes di sini. Interiornya juga unik, karena bangunannya terbuat dari semacam kayu-kayu otentik pedesaan. 

via booking.com

via agoda.com

Di dalam tenda terdapat tempat tidur yang empuk, AC, lemari baju, kaca yang besar dan headlamp untuk kamu yang ingin eksplor area sekitar ketika malam hari. Ga usah khawatir dengan nyamuk, setiap kamar di La Cocoteraie Ecolodge ini sudah dilengkapi dengan kelambu anti nyamuk yang menjamin kamu bobo pules bebas gangguan nyamuk.

via airbnb.com

Masing-masing tenda memiliki kamar mandi yang konsepnya open-air, berikut dengan perlengkapan mandi dan air yang fresh. Di Pulau Gili Trawangan ini memang agak sulit mendapat air bersih, bahkan di beberapa penginapan lain, air yang biasa digunakan adalah air payau.

via gites.fr

Kalau kamu lapar, di sini juga ada restoran yang menyajikan menu-menu seafood dan BBQ yang serunya bisa dinikmatin di taman, Gaes! Selain restoran, mereka juga punya bar yang biasanya rame setelah abis sunset. Fasilitas lainnya yang bisa kamu dapat adalah wi-fi, tempat untuk berjemur dan jacuzzi outdoor serta kolam renang.

via booking.com

via tripadvisor.com

via lacocoteraiegili.com

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp 850.000 (2017) untuk 2 orang per malam 

Alamat : Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat 83352

Kontak : 081907976985

 

2. MERASAKAN SENGSARA BERUJUNG NIKMAT DENGAN GLAMPING DI LEGOK KONDANG LODGE BANDUNG

Ini sih, kalau kamu browsing glamping pasti dapetnya Legok Kondang Lodge, salah satu yang paling populer karena tempatnya juga lumayan deket dari Jakarta ibukota tanah air beta, yaitu di Ciwidey, Bandung. Posisi tepatnya ada di dalam kawasan hutan pinus, di bagian atas bukit dari desa yang tersembunyi.

via dayeuhluhur.net

Kebayang kan bagusnya pemandangan pas nyampe akan kaya gimana, tapi ya itu jalan buat nyampe ke sana juga perjuangan banget. Jalanannya hanya jalan setapak yang cuma muat untuk satu mobil, parahnya lagi jalan ini belum diaspal terus pinggirnya pun jurang. Kebayang deh kalo tiba-tiba ada mobil dari arah berlawanan, pastinya bakal bener-bener bikin sengsara kamu yang emang parnoan. Tapi tenang, kamu bisa kok memilih untuk memarkirkan mobil kamu di tempat yang udah disediain di bawah terus masuk ke shuttle dan menyerahkan perjalanan yang menyengsarakan ini ke ahlinya. Kamu tinggal duduk manis sambil meningkatkan rasa percaya kamu pada mamang-mamang supir shuttle karena dia pasti sudah terlatih setelah ratusan kali bolak-balik di rute yang sama.

via youtube.com/Kevin Ardyanto

via dayeuhluhur.net

Pas udah sampe, you’ll be amazed sama tempatnya. Kalau pas siang, tempatnya sejuk karena berada di tengah-tengah hutan pinus dan kalau malem dinginnya wew, secara ada di bandung bagian atas.

via id.pinterest.com

via lizzieparra.com

Untuk fasilitasnya ada banyak, jadi gausah takut gabut pas kamu nginep disini. Dimulai dari yang lucu seperti metik strobei atau lepasin lampion, sampe yang macho sekelas main paintball. Pilihan lainnya, kamu bisa BBQ, trekking, outbond, tur ke Kawah Putih, rafting ataupun mancing ikan.

via tempatwisatadibandung.info 

via indonesia.travel 

Atau kalau kamu emang pengen gabut dan leyeh-leyeh aja di tenda juga bisa kok..

via travel.grivy.com

Tendanya sendiri ada lebih dari 20 unit yang bisa nampung sekitar 4-10 orang per tenda, makanya tipe glamping-nya juga ada macam-macam mulai dari standard, luxury, deluxe, sampai untuk keluarga. Tendanya pun punya pemandangan yang beda-beda, ada yang ngadepnya ke kolam ikan, ada yang ke taman, bukit atau ngadep barat jadi kamu bisa menikmati sunset langsung dari atas tempat tidur.

via nizarnizar.com 

Kesamaan dari masing-masing tenda di Legok Kondang Logde Bandung ini adalah semua tenda sudah dilengkapi dengan kasur yang empuk, kamar mandi pribadi dengan air panas, TV serta balkon yang biasa dipakai untuk leyeh-leyeh dan stargazing ketika malam hari karena langit disini bertaburan bintang! 

via sugarandspace.com

via tempatwisatadibandung.info

 

Detail Informasi

Rate : mulai dari Rp 1.165.500 (2017) per malam untuk 4 orang

Alamat : Jl. Kurunangan (Jl. Raya Ciwidey – Kawah Putih), Lebak Muncang, Ciwidey, West Java?

Kontak : 085795555666 / lklodge01@gmail.com

 

3. MENCARI KETENANGAN DI TENGAH SAWAH UBUD : SANDAT GLAMPING TENTS

Tempat glamping pertama yang ada di Bali sejak 2013 yang langsung populer karena pernah masuk ke nominasi Grand Prix hotel terbaik di Asia, salah satunya karena letaknya ada di kawasan Ubud, tepatnya hanya 3 km dari pusat keramaian Ubud. Nah karena tempatnya di Ubud, jadi kalau kamu menginap di sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan sawah yang hijau di sekeliling lokasi penginapan.

via booking.com

via livinginanotherlanguage.com

Sandat Glamping Tents Ubud Bali total memiliki 5 tenda bergaya safari yang masing-masingnya dilengkapi degan kolam renang pribadi serta teras yang menghadap hutan. Selain itu, terdapat juga 3 cottages yang terlihat seperti lumbung. Kamu akan merasakan suasana otentik Bali yang menenangkan di sini dimana setiap tenda memiliki tema desain khusus dan bahkan atap tendanya pun dirancang khusus oleh desainer Italia. 

via glampinghub.com

via secret-retreats.com

Di dalam tendanya, terdapat tirai pemisah antara ruang tengah dan kamar mandi. Sementara di bagian luar, antara tenda satu dengan lainnya juga diberi pembatas pagar bambu dan deretan tanaman supaya privasi kamu bisa terjaga.

via glampingsandat.com

via glampingsandat.com

via topindonesiaholidays.com

Menginap di sini cocok banget buat kamu yang ingin liburan untuk melepaskan pusing karena urusan kerjaan, karena di sini yang akan kamu dapatkan semuanya adalah ketenangan. Malam hari, ga akan kedengeran suara berisik apalagi klakson mobil, hanya ada hening yang sekali-sekali disisipi suara burung atau serangga. Wi-fi tersedia, jadi kalau kamu mau tambah relax bisa akses Youtube untuk dengerin lagu-lagu tenang. Disini juga ada layanan in-room dining, buat kamu yang mager banget keluar kamar dan mau fokus menikmati ketenangan persawahan Ubud.

via bloglovin.com

via booking.com

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp 2.175.000 (2017) untuk 2 orang per malam (Lumbung Barong)

Alamat : Jl. Subak Sala, Banjar Sala, Pejeng Kawan, Ubud, Pejeng Kawan, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80552

Kontak : 082144081998

 

4. GLAMPING SEHAT DI TRIZARA RESORT BANDUNG

Ini dia tempat Glamping di Bandung untuk kamu yang ga cuma mau ngelepasin pusing, tapi juga mau sehat. Cocok untuk kamu yang mau menikmati alam tapi mau nyaman, ga mau ribet, dan selalu update. Bisa banget menikmati alam karena memang lokasi glampingnya yang ada di tengah-tengah alam bebas, bukan alam liar kok tapi..

via agoda.com

via sosokitu.com

Nyaman dan ga ribet karena kamu bisa beristirahat di tenda dengan tempat tidur yang besar, kamar mandinya juga ada di tiap kamar, terus fasilitasnya juga lengkap dimana tiap kamar memiliki pemanas air sehingga kamu bisa mandi air panas dan dengan mendapatkan perlengkapan mandi.

via trizara.com

Kamu bisa selalu update karena disini ada free wi-fi, jadi ga usah takut gabisa check in Path atau IG Story-in kegiatan kamu di sana. Ada beberapa hal di Glamping Trizara Resort yang bisa buat bahan IG Story sih, kaya api unggun malem-malem, nongkrong di kafenya sambil liat pemandangan superb atau makan di Restoran Indriya yang menyajikan menu Indonesia dan Western. ?

via instagram.com/trizararesorts

via bobocantik.com

Nah di atas tadi udah di mention kalau tempat ini cocok untuk kamu yang mau sehat kan, karena di sini kamu bisa yoga-an pas sunrise, zumba di outdoor, terus abis itu mesen cold pressed juices-nya di juice bar. Bisa juga tuh jadi bahan untuk update socmed, Gaes! Pokoknya ala ala banget deh!

via instagram.com/trizararesorts

via instagram.com/trizararesorts

 

Detail Informasi

Rate : mulai dari Rp 1.150.000 (2017) untuk 2 orang per malam

Alamat : Jalan Pasirwangi Wetan, Lembang, Bandung, Jawa Barat

Kontak : 085871698923 / trizararesort@gmail.com 

 

5. COBAIN PEROSOTAN PEMANDIAN AIR PANAS DI GLAMPING CIWIDEY VALLEY BANDUNG

Dari namanya udah keliatan lah ya dia ada dimana yaitu di Ciwidey Bandung dan baru dibuka pada tahun 2015, udah langsung jadi favorit dan populer karena pemandian air panasnya. Uniknya, pemandian air panas ini mirip kaya di waterpark, ada  perosotan-perosotannya gitu. Jadi ga cuma berendem, tapi kamu juga bisa cobain keseruan waterpark dengan sensasi anget-anget dingin. Jangan lupa bawa baju yang pas ya untuk main-main di kolamnya ini. ?

via sentraadventure.com

via candraina.blogspot.co.id

Untuk fasilitas lainnya, mereka punya playground buat anak-anak atau yang masih berjiwa anak-anak juga bisa main-main di sini, taman burung yang dibuat mirip dengan habitat burungnya dan restoran yang pemandangannya awesome.

via trivindo.com

via klikhotel.com

Camping groundnya juga unik, tenda-tendanya dibuat ala ala navajo mirip pemukiman suku Indian yang tersedia dalam 2 tipe, yaitu standar dan untuk keluarga. Tendanya muat untuk menampung 2 sampai 4 orang. Untuk isi dalam tendanya mirip hotel, sudah ada TV dan kasur, tapi kamar mandinya sharing. Untuk bermalam di sini, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp 850.000 (2017) per malam untuk tipe standar. ?

via ciwideyvalley.com

via ciwideyvalley.com

 

Detail Informasi

Rate : mulai dari Rp 850.000 (2017) per malam untuk 2 orang

Tempat : Jl. Raya Batutunggul KM 17, Ciwidey, West Java.  kira-kira 500 meter dari Kawah Putih

Kontak : 022-85920222/ marketing@ciwideyvalley.com

 

6. MENYATU DENGAN HIJAUNYA ALAM : GLAMPING DI GREEN HILL PARK BANDUNG

Kawasan wisata ini merupakan bagian dari hutan Kawasan Taman Wisata Alam Cimanggu, cocok nih buat kamu yang suka sama kegiatan outdoor.

via yukwisatakuliner.blogspot.co.id

Karena letaknya di dalam hutan hujan pegunungan yang suhunya berkisar antara 17 - 22 derajat celcius, jadi kamu bisa merasakan udara yang sejuk dan masih bersih. Ada juga beragam flora fauna hutan yang siap kasih kamu sensasi menyatu dengan alam, yang mana sensasi ini bisa dinikmatin dalam kenyamanan tenda atau dengan leyeh-leyeh di kursi depan saung yang udah disediain.

via greenhill-ciwidey.com

via greenhill-ciwidey.com

Kalau kamu nginep di sini, kamu bisa explore hutannya dengan trekking atau naik sepeda, main paintball dan kegiatan outbond atau ambil trip ke kawah putih. Selain itu di sini kamu juga bisa ngobrol-ngobrol lucu di saung, berendam di kolam air panas atau cuma sekedar rendemin kaki di kolam ikan yang mirip terapi-terapi di mal-mal Jakarta juga boleh. 

via greenhill-ciwidey.com                         via greenhill-ciwidey.com

Untuk camping groundnya sendiri namanya Tenda Iyuh. Tendanya berukuran lumayan gede yang bisa menampung 4 - 6 orang, di dalamnya udah ada fasilitas lengkap kaya kasur set, sleeping bag dan kamar mandi air panas. Biaya menginap di sini sudah termasuk welcome drink, air mineral, sarapan, dan api unggun. Pokoknya sabi banget, jauh dari kesan 'Iyuh' seperti yang ada di namanya.

via greenhill-ciwidey.com 

via greenhill-ciwidey.com 

 

Detail Informasi

Rate : mulai dari Rp 1.000.000 (2017) per malam untuk 4 orang

Tempat : Jl. Patengan KM 41, Rancabali, Ciwidey, Bandung, West Java

Kontak : 0812 9000 0915

 

7. GLAMPING TERSEMBUNYI DI PUSAT TURIS KUTA BALI : BALI DYNASTY RESORT

Kalau dibilang Kuta Bali pasti langsung kebayang hiruk pikuk riuh rendah riwehnya di sana. Tapi, walaupun Bali Dynasty Resort ini ada di daerah Kuta, tempatnya tersembunyi jadi ga terlalu bising. Penginapan ini memiliki kamar seperti resort lain dan juga menyediakan fasilitas glamping ala ala di villa mewah yang menyerupai tenda. Pas untuk kamu yang ingin liburan bersama pasangan dan merasakan pengalaman yang beda dari biasanya.

via bdr.pphotels.com

Tenda ini letaknya ada di taman yang ada di rooftop jadi kamu bisa nikmatin pemandangan sunset dari teras teda glamping kamu. Konsep tendanya adalah eco-friendly dimana bahan-bahan yang digunakan terdiri dari bahan yang berasal dari alam seperti bambu pada tiang dan pintunya serta kayu daur ulang untuk lantainya.

via instagram.com/bckvanbree

Sementara itu, di dalam tendanya terdapat ranjang yang besar, AC, TV lengkap dengan DVD player, ruang ganti pakaian yang luas, tirai-tirai dari kanvas, meja kayu dan lampu bambu. Kebayang kan enaknya, bahkan cuma snuggling doang di dalam selimut, ga mau kemana-mana karena pemandangannya juga udah keren banget.

via instagram.com/balidynastyresort

Kalau kamu akhirnya memutuskan untuk ga leyeh-leyeh di kamar, kamu bisa coba Spa yang udah free of charge atau bisa pool hopping di area ini yang jumlahnya ada 3, ambil kelas masak, restaurant hopping secara jumlahnya ada 6 atau bar hopping yang jumlahnya ada 4 buah, mungkin bisa dimulai dengan Gracie Kelly's Irish Pub yang katanya merupakan Irish pub pertama di Bali dan satu-satunya yang original. Main-main di beach clubnya juga seru, apalagi pas menjelang sunset.

via asiadreamsbali.com

via travelonline.com

via bdr.pphotels.com

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp 1.600.000 (2017) untuk 2 orang per malam 

Alamat : Jl. Kartika, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361?

Kontak : 0361-752403

 

8. NGILANGIN PUSINGNYA JADI JAKARTANS DENGAN GLAMPING DI GUNUNG PANCAR SENTUL BOGOR

Lokasinya yang dekat menjadikan tempat glamping ini salah satu yang hits dan paling sering dikunjungi oleh orang-orang Jakarta yang ingin menghilangkan rasa pusing. Ada di daerah Sentul, kira-kira 45-60 menit lah via tol Jagorawi, dengan catatan kalau jalanan lagi ga macet. Areanya berada di tengah-tengah hutan pinus dengan atmosfer yang sejuk dan menenangkan. Ya kan, gimana pusing ga langsung ilang coba kalo daerahnya dekat terus ambiencenya beda jauh dari hiruk-pikuk ibukota yang sumpek dan macet sama kendaraan.

via kompas.com

via cosmogirl.co.id

Untuk bisa bermalam di sini minimum kamu harus datang ber 4 untuk ngisi satu tenda. Kalau lebih rame sih lebih seru. Harga yang dibayarkan sudah termasuk untuk tenda, listrik, tempat tidur, penerangan dan BBQ. Kamu juga bisa membayar lebih untuk mendapatkan paket yang sudah berikut makan (pagi dan malam) serta tour ke Curug yang ada di dekat situ.

via bucketlist.id

Bentuk tendanya agak mirip-mirip dengan tenda ala Mongol yang serba putih dan bawahnya membulat ya Gaes. Unik banget kalau difoto, apalagi ditambah dengan properti bendera-bendera yang digantung di atas dan api unggun yang ga cuma bagus buat difoto, tapi sekaligus bisa menghangatkan karena udara malam hari disini dingin bangeeet.

via gunungpancar.com

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp 340.000 (2017) per orang per malam

Alamat : Gunung Pancar, KP Ciburial, Karang Tengah village, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat

Kontak : 081213446574

 

9. PENGALAMAN UNIK TIDUR DI DALAM TENDA BAWANG DI THE LODGE MARIBAYA BANDUNG

Yang unik dari lokasi glamping yang satu ini adalah bentuk tendanya yang kaya bawang atau kendi botol, bulat menggembung gitu Gaes di tengahnya terus atasnya ngerucut kaya corong. Warnanya pun ngejreng, oranye. Walaupun bentuknya kesannya sempit dan padet, tapi di tendanya ada semacam jendela jaring-jaring untuk ventilasi dan di 2 dari 8 sisinya bisa dibuka tutup.

via indonesiana.co.id

via arhanoutbound.com

Di dalam tendanya ada cukup space untuk nempatin barang barang bawaan kamu kaya tas dan sepatu, bahkan ada rak handuk juga. Karena konsepnya glamping, jadi udah ada listrik, lampu dan dua matras yang bisa menampung 2-4 orang. Bahkan ada juga kipas angin, walaupun sebenernya di sini ga panas karena lokasinya ada di lereng bukit di daerah Bandung.

via pergidulu.com

Lokasinya ada di kawasan tempat wisata Lembang, Bandung. Jadi ya ga jauh-jauh amat lah ya (kalo dari Jakarta). Adanya di area dekat hutan pinus dan di ketinggian lebih dari 1000mdpl, jadi hawanya adem dan pemandangannya asyik, apalagi buat foto-foto. Tempatnya juga dekat dengan Air Terjun Maribaya, cuma 5 km. ?

via suaradesa.com

via blog.reservasi.com

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan Gaes disini. Salah satunya adalah naik ke atas rumah pohon terus having deep conversation sama pasangan, eyaak.. (padahal sebenernya orang-orang lagi pada ngantri nunggu jatah giliran foto). Btw The Lodge Maribaya juga nyediain tempat untuk gathering atau nikahan loh, mungkin bisa dijadiin option buat kamu yang mau nikah dengan konsep alam-alam gitu.

via blog.reservasi.com

Kalo kamu ga punya pasangan (baca: jomblo) buat diajak ngobrol di atas rumah pohon, kamu tetep bisa kok seru-seruan sambil pacu adrenalin dengan naik ayunan yang super tinggi atau bersepeda di atas tali yang di bawahnya merupakan hamparan hutan pinus Maribaya. Karena akan bahaya kalo naik ayunan atau sepedanya berdua, coba tolong itu yang punya pasangan harap naiknya sendiri-sendiri aja, itung-itung menghargai perasaan yang masih sendiri..

via janganpanikmaripiknik.com 

via anekawisata.com

Untuk kegiatan lainnya ada BBQ-an dan api unggun, trekking di hutan pinus Maribaya, memanah atau mau flying fox juga bisa. Ada juga restoran yang namanya Dapur Hawu buat kamu yang mau nyoba makanan tradisional Sunda dan Cafe The Pines untuk nongkrong sambil nikmatin hawa dingin di sini.

via pergidulu.com

 

Detail Informasi

Rate :  mulai dari Rp  603.750 (2017) per malam untuk 1 orang

Tempat : Jl. Maribaya Timur KM 6, Kampung Kosambi, Cibodas, Bandung, Jawa Barat

Kontak : 08112264808 / info@thelodgemaribaya.com

 

10. PUAS GLAMPING TERJANGKAU DI GRAFIKA CIKOLE BANDUNG

Tempat Glamping pertama di Bandung ini adanya di kaki gunung Lembang, di tengah-tengah kawasan hutan pinus Cikole, jadi pemandangan di sini merupakan campuran antara hijaunya rumput dan coklatnya batang-batang pohon pinus yang menjulang tinggi. Karena lokasinya di kaki gunung dan tengah hutan, jadi kalau siang hari di sini akan terasa sejuk dan sering berkabut. Terus pas sunrise keren banget Gaes, cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah kabut menciptakan flare-flare khas misty morning. Rasanya syahdu-syahdu tenang gimana gitu.

via junglepark.blogspot.co.id

via instagram.com/eyeofpritha

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini selain leyeh-leyeh dan umpel-umpelan di dalam selimut tenda, kaya misalnya bermain paint ball, outbond, bakar api unggun dan main alat musik tradisional angklung.

via outboundbandung.net

Selain kegiatan di atas, kamu juga bisa keliling-keliling kawasan Grafika Cikole. Di sini ada rumah kayu dengan properti patung dwarf di bagian depan yang sering seliweran di Instagram, pas buat kamu foto-foto Gaes.

via instagram.com/l_sandiii

Tenda di Grafika Cikole tersedia dalam 2 tipe Gaes, satu yang untuk keluarga karena bisa nampung sampai 4 orang, nah yang satu lagi adalah tipe massal dengan kapasitas sampai 40 orang di satu tenda. Di kedua tipe tenda tersebut udah ada sleeping bag, aliran listrik, dan jagung yang bisa dibakar di api unggun. Kalau untuk kamar mandinya, tersedia kamar mandi sharing di dekat tendanya. Tenang Gaes, untuk yang tenda massal ada sampe 20 toilet kok, jadi gausah takut rebutan.

via dthendarwan.wordpress.com

via klikhotel.com

 

Detail Informasi

Rate : mulai dari Rp 460.000 (2017) untuk 4 orang

Tempat : Jl. Raya Tangkuban Perahu KM 8, Desa Cikole Village, Kec. Lembang, Bandung, Jawa Barat

Contact : 081322500284 / info@ grafikacikole.com 

 

11. GLAMPING 'HANGAT’ DAN WORTH IT DI SUNDAY RAINVILLA BALI

Sunday Rainvilla merupakan tempat Glamping di Bali yang menurut kita worth it! Konsepnya lucu, letaknya strategis, dan harganya terjangkau Gaes. Konsep tempatnya ada di dalam villa yang dipisahin pake bambu sama pemukiman luar, supaya yang nginep bisa asik sendiri di dalam. 

via booking.com

Gimana ga asik, fasilitasnya lengkap. Ada wi-fi yang bisa diakses di seluruh tempat, di sudut area ada kolam kecil gaya Bali lengkap dengan bangku buat ngobrol-ngobrol seru, juga ada dapurnya jadi kamu bisa masak di sini, ada TV, DVD Player, bahkan PS2!

via booking.com

via booking.com

Bentukan tendanya kaya tenda gaya Mongolia, tapi ga besar-besar banget. Totalnya hanya ada 3 tenda disini, makanya siapa cepat dia dapat. Tendanya disusun deket-deketan jadi suasanya hangat karena kamu bisa mudah untuk kenalan dan ngobrol sama orang lain di tenda sebelah.

via instagram.com/sundayrainvilla

Dalam tendanya, ada tempat tidur, AC, meja & laci, kursi lantai untuk leyeh-leyeh, serta penerangan yang kalau malam hari buat suasana makin syahdu. Kamar mandinya terpisah, ada 2 kamar mandi semi-outdoor yang dindingnya terbuat dari batang bambu dan atap ilalang.

via checkinly.com

via checkinly.com

via instagram.com/sundayrainvilla

Karena letaknya di Umalas yang ada di daerah Seminyak, kalo kamu mau ke beach club atau restoran yang ada di Seminyak ga akan jauh-jauh amat, jaraknya kira-kira 3.8 km. Mau ke pantai-pantai hits di Bali juga deket, misalnya ke Pantai Berawa cuma 1.9 km atau ke Batu Bolong cuma 2.7km. Kalau kamu baru landing di Bali terus bingung mau nginep mana, coba aja kesini karena jaraknya juga ga jauh-jauh amat dari airport, 9 km aja.

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp 320.000 (2017) untuk 2 orang per malam

Alamat : Jalan Umalas Tunon no. 6X, 80361 Canggu, Bali

Kontak : 082236261922

 

12. GLAMPING SAMBIL BERINTERAKSI DENGAN BINATANG DI SARI ATER HOTEL & RESORT SUBANG

Hotel & Resort Sari Ater sudah lumayan popular dari dulu, nah sekarang mereka nambahin ragam akomodasi dengan membuat fasilitas glamping. Letaknya persis di deket pemandian air panas Ciater. Di tempat ini ada berbagai macam fasilitas untuk kamu ngabisin waktu, kaya liat-liat kebun binatang mini atau wisata lain yang lebih adventurous kaya memanah, berkuda, flying fox, berkendara ATV atau Jeep 4WD offroad. Selain itu, untuk yang ngebawa keluarga kesini, ada juga fasilitas mini outbond untuk anak-anak.

via sariater-hotel.com

via sariater-hotel.com

Nah mungkin karena ada kebun binatang mini, makanya jenis tendanya dinamain kaya nama-nama binatang seperti landak, musang, berang-berang, rusa, elang, dan rajawali. Nama yang beda-beda berarti fasilitas dan rate tenda yang beda-beda juga.

via nyeritain.com

Kamu harus pinter-pinter milih yang sesuai sama yang kamu butuhin, ya kaya milih jodoh lah. Tapi untuk urusan tenda di Sari Ater Hotel & Resort, variasinya ada di pemandangan yang akan kamu dapet, kapasitas orang di dalam tenda, lokasi, dan kamar mandi yang private atau sharing.

via tesyablog.com

via tesyablog.com

via klikhotel.com

 

Detail Informasi

Rate :  mulai dari Rp 950.000 (2017) untuk 4 orang (tenda Musang) per malam

Tempat :  Jl. Raya Ciater Subang, 41281 Ciater, Indonesia 

Kontak : 022-2503188

 

13.PINGIN NGERASAIN GLAMPING BARENG KELUARGA DUSUN BAMBU BANDUNG PILIHAN YANG TEPAT BUAT KAMU!

Kalau tempat glamping ini emang udah nargetin keluarga sejak awal, dapat dilihat dari nama panjangnya yaitu Dusun Bambu Family Leisure Park. Sebuah tempat ekowisata dalam bentuk konservasi bambu. Dengan bertempat di kaki Pegunungan Burangrang, kamu akan ngeliat pemandangan yang superb beserta udara yang masih alami dan dingin berkabut, pas buat kamu yang ingin mendinginkan pikiran dan hati.

via whatsnewjakarta.com

Sebenarnya, family park ini punya beragam penginapan dan fasilitas, ga cuma glamping. Untuk glampingnya sendiri, fasilitasnya udah lumayan lengkap, ada sleeping bag, air panas, wi-fi, BBQ dan api unggun. Ruang dalam tendanya luas, ga cuma ada tempat tidur aja tapi sampai ada sekat lain untuk ruang makan dan ruang taro barang.

via klikhotel.com

via cecepasianasiantara.blogspot.co.id

Area di sekitar tenda glampingnya juga luas banget Gaes! Setiap tenda punya teras yang dijadiin tempat untuk para anggota keluarga saling berinteraksi karena di sini juga terdapat api unggun yang bisa menghangatkan.

via inclovermag.com

via klikhotel.com

Selain leyeh-leyeh di sini, kamu juga bisa cek keadaan sekitar. Ada pasar Khatulistiwa untuk liat liat souvenir, Cafe Burangrang untuk ngupi cantik sambil nikmatin pemandangan gunungnya, atau restoran Lutung Kasarung untuk nyobain makan di atas pohon, makan proper loh ya.

via tesyaskinderen.com

via caferestobdg.wordpress.com

via smeindonesia.org

 

Detail Informasi

Rate : mulai dari Rp 1.400.000 (2017) per malam untuk 6 orang

Tempat :  Jl. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, West Bandung, West Java

Kontak : 085721254446

 

14. MERASAKAN GLAMPING DI HABITAT HEWAN ENDEMIK TARSIUS : INDOSAFARI TENT BATU MENTAS, BELITUNG

Indosafari Tent atau Rumah Tenda di Kawasan Wisata Alam Batu mentas yang berada di Belitung khas dengan bangunannya dari kayu dan hanya ada satu biji doang Gaes! Tempatnya ada di dalam hutan, jadi ga usah takut kalau tidurnya terganggu dengan suara ribut-ribut, karena di sini hening pada malam hari dan pada pagi hari kamu akan terbangun dengan nyanyian alam, yha…

via batumentas.wordpress.com

Area tendanya cukup luas Gaes, ada teras depan buat kamu duduk-duduk yang udah dilengkapi sama kursi leyeh-leyeh selonjoran dari kayu sambil ngeliatin pemandangan hutan dan sungai yang ada di depan mata.

via batumentas.wordpress.com

Di bagian dalam, ada tempat tidur springbed dengan kapasitas dua orang dan kamar mandi yang nuansanya alami. Interior dan perabotannya pun disusun dengan konsep back to nature, sesuai lah dengan lokasinya yang dikelilingi oleh hutan hujan tropis dan menghadap ke sungai.

via visitbangkabelitung.com

via bangkanese.com

Karena lokasinya yang terletak di tempat wisata Alam Batu Mentas yang populer sebagai tempat tinggal Tarsius, selain merasakan pengalaman bermalam di habitat hewan ini, kamu juga bisa bertemu dengan mereka yang agak pemalu jadi sering sembunyi di pepohonan atau sudut-sudut atap.

via instagram.com/deni_triyanto1

via instagram.com/biglilmouth

Selain itu, aktivitas lain yang bisa kamu lakukan kalau menginap di sini adalah ngedatengin air terjun yang masih alami di sini dengan hanya jalan kaki 30 menit, yaaa itung-itung olahraga biar sehat. Walaupun harus usaha, tapi terbayar kok pas udah sampe karena selain bagus, airnya juga jernih banget Gaes!

via wisata-budaya-babel.blogspot.co.id

via instagram.com/atiam_at

 

Detail Informasi

Rate : Rp 900.000 (Juni 2015) per 24 jam untuk 2 orang

Tempat :  Jl. Hayati Mahim No.7, Tanjung Pandan, Belitung

Kontak : 085273394442

 

15. GLAMPING PINGGIR DANAU DI LAKESIDE RANCABALI BANDUNG

Kalau kawasan glamping lain yang ada di Bandung terletak di dalam hutan, glamping Lakeside Rancabali ini agak beda nih karena letaknya di pinggir Situ Patenggang (hyperlink). Selain di pinggir danau, lokasinya juga ada di daerah perkebunan teh membuat tempat ini memiliki hawa sejuk dan pemandangan yang menarik. 

via nativeindonesia.com

via sederhanaperjalanan.blogspot.co.id

Keunikan satu lagi dari lokasi glamping ini adalah Glamping Lakeside Rancabali memiliki restoran unik dengan konsep bangunan menyerupai Kapal Phinisi yang baru dibuka pada Juli 2016 lalu. Bayangin aja Gaes, rasanya kaya naik kapal phinisi terus hawanya sejuk, terus pemandangannya Situ Patenggang ngebuat kaya beneran lagi di atas perairan.

via youtube.com/RadKrypt

via ngadem.com

Sementara untuk tendanya, tersedia 9 unit dengan tipe lakeside yang bisa menampung 4 orang dan 6 unit dengan tipe family tent yang mampu menampung hingga 8 orang.

via tempatwisatadibandung.info

Di dalam masing-masing tenda fasilitasnya ada 2 tempat tidur, air panas, aliran listrik, TV, kamar mandi dan peralatan mandinya, sendal, serta makan pagi di Resto Phinisi-nya yang hits. Ga ada AC karena memang udara di sini udah sejuk dari sananya. Dinginnya alami!

via destinasibandung.co.id

Di depan tendanya juga ada balkon yang mana kalau kamu menginap di tenda lakeside-nya, akan langsung ngadep ke Situ Patenggang. Kebayang pas bangun pagi bisa ngulet sambil ngomong ‘morning sunshine’ hehehe.

via indonesia.travel

Saran kita, saat kamu menginap di Lakeside Rancabali ini, sebaiknya kamu memilih kamar tipe Lakeside ?karena keunikan tempat glamping ini ya ada pada lokasinya yang berada di pinggir danau. Kamu bisa menikmati pemandangan danau yang super sambil bobo-boboan di atas kasur!

via instagram.com/eliciaedijanto

via instagram.com/lakeside_glamping

via instagram.com/lakeside_glamping

 

Detail Informasi

Rate :  mulai dari Rp 2.000.000 (2017) untuk 4 orang

Tempat : Situ Patenggang, kawasan Rancabali Ciwidey Kabupaten Bandung Jawa Barat

Kontak : 081221618888 atau 082180028888

 

16. WAJIB FOTO DI HIGHLAND PARK RESORT BOGOR

Ini dia tempat glamping yang sering banget ketemu di explore Instagram! Dan kalau orang ngepost ini, likesnya juga banyak karena tenda glampingnya unik dengan konsep Mongolian yang bulet bulet lebar & Apache yang mengerucut ke atas seperti limas. ?

via instagram.com/rifqiprbswr_

The Mongolian Camps mengadopsi dari tenda orang Mongolia yang biasanya hidup di dataran tinggi & padang rumput. Ada 4 tipe mulai dari Barrack, Standard, Superior, dan Deluxe dengan total ada 48 tenda Mongolian. Fasilitas di setiap kamar ada pemanas air, AC, dan LED TV.

via instagram.com/argeswara

via instagram.com/bibinsabrina

Tipe Apache Camps, yang merupakan fasilitas tenda glamping terbaru mereka,  diadaptasi dari bentuk tenda bangsa India Amerika. Terdiri dari 2 tipe, yaitu Apache Camp dan Apache Barrack dengan jumlah total ada 29 unit. Fasilitas yang ada sama dengan Mongolian Camps.

via instagram.com/mostlidia

via instagram.com/mariskayy

Selain kedua tenda tersebut, ternyata mereka juga punya 4 rumah pohon lho Gaes. Sementara untuk fasilitas keseluruhannya, tempat glamping ini memiliki arena bermain anak, lapangan futsal, grand ballroom, perahu bebek di atas danau kecil, mini waterboom, mini golf, karaoke, restoran, lapangan outbond, bahkan terapi ala Mongolia. Jadi gimana Gaes, udah dapat gambaran untuk spot foto kamu nanti?

via maiyasari.wordpress.com

via travel.detik.com

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp 1.640.000 (2017) untuk 2 orang per malam ?

Alamat : Jalan Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Desa Sukajadi, Kec. Tamansari, Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610

Kontak : 0251-8485777

 

17. WELCOME TO THE JUNGLE : GLAMPING DI SANG GIRI MOUNTAIN TENT RESORT BALI

Sang Giri Mountain Resort ada di Desa Jatiluwih, salah satu situs UNESCO World Heritage. Atmosfir di tempat glamping yang berada di pegunungan ini sejuk, kalau kamu bangun pagi-pagi bahkan bisa melihat kabut di atas pepohonan dan ketika siangan akan melihat pemandangan hutan. Indah banget deh pokoknya syulit dibuat kata-katanya.. 

via sanggiri.com

Sang Giri Mountain Resort memiliki jumlah tenda keseluruhan 8 buah dengan kamar mandi dan teras pribadi di masing-masing tendanya. 

via topindonesiaholidays.com

Ga usah dari teras, dari dalam kamar tidur aja kamu udah bisa langsung ngeliat pemandangan yang superb sih sebenernya karena memang kamarnya dibuat menghadap ke arah hutan dan tidak ada pintu. Tapi, kalau kamu merasa terganggu dengan serangga yang datang karena ga ada pintu, kamu bisa minta kelambu anti nyamuk. 

via instagram.com/hanni.wr

via booking.com

Kalau laper, kamu bisa pesan makanan yang mana konsep dapurnya adalah open kitchen dan kamu bebas request, tinggal bilang ke chefnya aja. Restoran di sini namanya Restoran Pakis menyajikan menu khas Bali dan western BBQ. Bahan sayur-sayuran dan buah untuk makanan pesanan kamu dipetik dari kebun organik yang ada di resort ini lho! Even better, kamu bisa belajar masak menggunakan bahan-bahan dari kebun mereka itu.

via sanggiri.com

via instagram.com/pojokshahnaz

Selain leyeh-leyeh di kamar dan makan, kamu juga bisa melakukan kegiatan outdoor seperti hiking, sepedaan, liat-liat burung liar, atau eksplor hutan dan desa-desa sekitar.

via booking.com

Kalau malas muter-muter, kamu juga bisa melakukan aktivitas yoga, atau sekedar berendam di jacuzzi untuk relaksasi.

via instagram.com/lasamona

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp 1.300.000 (2017) untuk 2 orang per malam

Alamat : Jatiluwih Kangin, Penebel, Tabanan, Jatiluwih, Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali 82152

Kontak : 085339880790

 

18. MENGASAH JIWA ADVENTUROUS DENGAN GLAMPING DI TANAKITA BOGOR

Buat kamu yang mau mengasah jiwa adventurous, kamu harus coba sih glamping di Tanakita. Agak berbeda dengan tempat glamping yang lain, Tanakita yang terletak di Taman Nasional Gede Pangrango ini menawarkan berbagai program petualangan ketika kamu bermalam di sini. 

via tesyaskinderen.com

Mulai dari high ropes yaitu kamu akan jalan di atas tali dari satu pohon ke pohon lain, river tubing nyusurin arus sungai dengan ban bulat, trekking di malam hari, hingga rappelling di air terjun! Pokoknya pompa adrenalin deh disini.

via tanakitacamp.com

via tanakitacamp.com

via tanakitacamp.com

Udaranya juga enak, lebih bersih dan sejuk, bahkan di siang hari yang suhu biasanya berada di antara 20° sampai 22°C. Sementara untuk tendanya udah disediakan matras dengan sleeping bag. Kamu juga bisa mandi air panas di tempat glamping Tanakita ini. Jadi, ga perlu khawatir akan kedinginan.

via arsyiarsyo.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Rate: Rp 550.000 (2017) per malam termasuk 3 kali makan dan 2 kali snack

Alamat : Situgunung, Kadudampit, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat

Kontak : 021-7200469 / tanakita@rakata.co.id

 

19. PINE FOREST CAMP LEMBANG UNTUK OUTING KANTOR ATAU GATHERING ORANG ORANG TERSAYANG

Ini nih tempat nikahannya Andien yang hits banget waktu itu, namanya Pine Forest Camp, Lembang Bandung. Coba diinget-inget hasil kepo kamu dari hashtag, tempatnya syahdu banget kan buat pesta kebun macem gitu.

via bridestory.com

Selain jadi tempat nikahan, tempat ini juga bisa untuk kamu glamping, tapi biasanya tamu yang datang kesini adalah grup besar, minimum 40 orang. Makanya, biasanya dijadikan tempat untuk outing kantor atau family gathering.

via junglepark.blogspot.co.id

Fasilitas yang tersedia ada untuk outbond, trekking, memancing, dan untuk pernikahan atau prewedding juga bisa. Selain Kemah, mereka juga ada penginapan indoor yang namanya villa country house, harus disewa grup besar minimal 24 orang. Kalau kamu kebetulan datang dalam jumlah besar tapi ga mau menginap, mereka juga ada paket untuk biaya masuknya dengan minimum kedatangan 40 orang. Semua paket yang disediakan belum berikut makan, jadi kamu bisa membawa makanan sendiri atau memesan catering yang ada di Pine Forest Camp.

via explorecibodascamp.blogspot.co.id

via lakeybanget.com

 

Detail Informasi

Rate : mulai dari Rp 600.000 (2017) per tenda per malam untuk 4 orang

Alamat : Pasirjaya XII No. 10, Maribaya Timur Desa Suntenjaya, Bandung, Jawa Barat

Kontak : 08112237065 / subagya65@gmail.com

 

20. GLAMPING MURAH MERIAH DI DEKAT JAKARTA : CONSINA BUMI GEULIS BOGOR

Consina Bumi Geulis ini lumayan jadi favorit untuk budget traveler yang ada di ibukota karena harganya lumayan terjangkat dan tempatnya juga ga jauh-jauh amat dari Jakarta. Cuma kira-kira 1 jam karena adanya di kaki gunung Salak. Juga terjangkau, karena harga yang ditawarkan relatif lebih murah dari glamping lain dan sudah termasuk makan pagi, siang, malam.

via tripadvisor.com

Fasilitasnya lumayan lengkap lho disini. Udah ada free wi-fi jadi kamu bisa update-update kegiatan kamu disini, terus ada TV kabel, kolam renang, dan taman bermain Gaes. Plus semuanya dikelilingi sama pohon-pohon asri yang buat foto dan video kamu jadi hijau..

via xplorer365.com

via booking.com

Total tendanya ada 12 yang masing-masing dapat menampung hingga 4 orang. Selain tenda, tipe penginapan lainnya juga ada 1 buah lodge dan 2 bungalows. Selain itu, fasilitas lain di dalam tenda adalah kasur, selimut, bantal dan aliran listrik, juga tersedia toilet dan kamar mandi sharing Gaes! Seru sih kalau dateng ke sini rame-rame, makanya sering dijadikan tempat outbond dan outing kantor.

via indoindians.com

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp200.000 (2017) per orang per malam

Alamat : Jalan Raya Golf Gunung Geulis No 3, Pasir Angin village, Gadog, Megamendung, Jawa Barat 

Kontak : 021-83705253

 

21. NGERASAIN SENSASI TROPIS DENGAN GLAMPING DI MENJANGAN DYNASTY RESORT, BEACH CAMP, & DIVE CENTRE BALI

Kalau yang tadi-tadi kita bahas kan lokasi glampingnya ada di tengah-tengah alam yang hijau, nah yang satu ini beda karena alam yang ditawarkan adalah keindahan pantai dan lautnya. Sebenernya, kalau kamu mau dapet yang hijau-hijau juga bisa sih, tinggal ke taman nasional Bali Barat yang dekat dari sini.

via topindonesiaholidays.com

Anyway, keindahan pantai dan laut yang ada di sini highlightnya adalah di Pulau Menjangan yang jaraknya 30-40 menit pake boat dari tempat glamping ini. Mau sekedar snorkeling bisa, mau diving juga bisa. Apalagi, di sini ada PADI Dive Centre buat nemenin kamu eksplor keindahan bawah lautnya. 

via instagram.com/menjangandynastyresort 

Selain Pulau Menjangan dan Taman Nasional Bali Barat, kamu juga bisa muter-muter ke Pejarakan, desa nelayan yang jaraknya hanya 4km atau ke Desa Pemuteran, 11 km dari resort, untuk ngeliat pantai pasir hitam dan menyaksikan karangnya yang indah sekaligus liat tempat konservasi kura-kura.

via kerjausaha.com

Total ada 24 tenda yang tipenya beach camp, 2 tenda yang tipenya cliff tent villas satu kamar tidur, dan 2 tenda lagi yang tipenya cliff tent villas dengan dua kamar tidur. Desain tendanya ala-ala Afrika dan memang dibuatnya di Afrika Selatan Gaes! 

via booking.com

via mdr.pphotels.com

Di dalam tendanya kamu akan mendapati tempat tidur empuk, AC, kamar mandi lengkap dengan peralatan mandinya dan pengering rambut, TV layar datar dengan DVD, minibar, bahkan telepon.

via mdr.pphotels.com

?Gausah takut gabut, malah harusnya takut waktunya kurang untuk menginap di sini. Selain bisa diving/snorkeling dan muter-muter di sekitaran tempat glamping, kamu juga bisa nyobain aktivitas air non mesin di sini, seperti windsurfing dan kayak. Kalau kamu males kemana-mana dan cuma mau leyeh-leyeh juga bisa di Pasir Putih Beach Cub & Bar.

via tripadvisor.com 

Antara spa, duduk-duduk di bawah bar atap bambu menikmati cocktail, atau berendam di infinity poolnya juga asik banget. Abis itu, karena di sini ada wi-fi, kamu bisa langsung update deh di sosmed!

via booking.com

via booking.com

via mdr.pphotels.com

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp 2.200.000 (2017) untuk 2 orang per malam

Alamat : Pejarakan, Gerokgak, Pejarakan, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali 81155?

Kontak : 0362-3355000

 

 

Nah jadi itu semua Gaes, 20 lokasi glamping penghilang rasa pusing yang ada di Indonesia. Bervariasi banget dari harga, pemandangan yang didapat dan fasilitas yang ada. Kamu tinggal milih dari yang ada di list di atas sesuai sama kebutuhan kamu terus langsung deh kesana!


editor
Editor Chiquita Marbun
or simply called Tita, currently pursuing higher degree in education simply just to postpone her parents-told-destiny to work in a company. You'll either find her lying under the sun by the calm beach or trying several menus on the authentic restaurant if

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.