17 Budget Hotel di Labuan Bajo untuk Liburan Ringan kamu ke Komodo


Nusa Tenggara Timur - 578 Hits

Di bayangan orang banyak, liburan ke Pulau Komodo dan sekitarnya pasti mahal. Hal ini diungkapkan sama beberapa orang yang kita tanyain, sampe-sampe kata mereka harus irit-irit makan dan  nabung dulu sampe setahun buat bisa liburan ke Labuan Bajo. Tapi, setelah kita riset-riset, ternyata kamu bisa loh liburan ringan alias liburan murah ke Komodo. Salah satu aspek yang bisa ngebuat 'ringan' liburan kamu ke Komodo adalah penginapan yang ga sampe Rp 350.000 untuk semalam di Labuan Bajo, murah kan?! Nah makanya, kita kasih gambaran tentang 17 Budget Hotel di Labuan Bajo untuk liburan 'ringan' kamu ke Komodo yang akan diurutin dari yang termahal ke termurah.

 

1. HOTEL L BAJO

L Bajo Hotel ini cocok untuk kamu yang suka dengan hal worth it, karena penginapan ini selain murah tapi juga punya fasilitas oke, secara udah bintang 3. Ada front desk yang stand by 24 jam, parkiran gratis, wi-fi gratis, di tiap ruangan ada TV kabel, bahkan ada fasilitas untuk tamu yang berkebutuhan khusus, untuk menjaga kenyamanan tamu yang nginep di sini. Bangunan dan kamar-kamarnya juga didesain dan dirawat dengan baik, mereka udah pernah merenovasi hotel mereka pada tahun 2014 jadi dijamin bangunan dan kamarnya masih baru, ga horor. 

via lbajohotel.com

via pegipegi.com

via laterooms.com.au

Penginapan ini menyediakan fasilitas paket untuk keliling-keliling seperti bersepeda atau memancing supaya kamu tambah betah saat bermalam di sini. Setelah puas dan capek keliling-keliling di Labuan Bajo, ada beberapa pilihan buat kamu, pertama ngumpet di bawah selimut sambil nonton di kamar atau manfaatin fasilitas rekreasi hotel kaya bak mandi air panas, sauna, pemandian air panas, fitness center (eh udah capek malah fitness) atau bahkan main golf (ini lagi, katanya udah capek) yang jaraknya 3 km dari hotel.

via lbajohotel.com

via lbajohotel.com

Hal lain yang bakal bikin kamu berminat untuk menginap di sini adalah karena letaknya yang deket kemana-mana. Cuma 0,5 km dari kehebohan kota, cuma 7 menit dari bandara, cuma beberapa menit ke Pantai Pede dan cuma 10 menit dari Pelabuhan Labuan Bajo. Deket kan? Coba bayangin, di Jakarta dengan waktu 7 menit paling-paling kamu cuma baru bisa keluar komplek aja, ya ga? 

via lbajohotel.com

via tourism.nttprov.go.id

Kamarnya sendiri total ada 55 ruangan, ada yang ber AC dan Non AC. Untuk bisa menginap di sini kamu ga perlu merogoh kocek sampai Rp 350.000. Worth it kan dengan lokasi dan fasilitasnya yang oke?

via tripadvisor.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 345.000 (2017) per malam untuk 2 orang

Alamat : Jl. Kasimo no. 99, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 0385-42151 / reservation@lbajohotel.com

 

2. HOTEL KOMODO BOUTIQUE

Ini adalah hotel lainnya yang menurut kita juga worth it, dengan harga yang terjangkau di bawah Rp 400.000 tapi kamu udah bisa merasakan beberapa fasilitas menarik yang ada di hotel bintang 3 menurut Lonely Planet & Booking.com ini. Lokasinya ada sekitar 3km dari pusat kota. Yaa ga jauh-jauh amat lah ya dibading jarak dari rumah ke kantor yang tiap weekdays dijalanin hehehe.

via instagram.com/komodoboutique_marcopoloboat

via id.hotels.com

Tadi kan sempet dimention kalau fasilitas di sini menarik, karena lumayan lengkap ada wi-fi gratis di tiap kamar, keamanan 24 jam serta layanan kamar yang 24 jam juga. Sebenernya yang paling oke disini adalah keberadaan tamannya yang bikin betah dan membuatnya jadi feels like home.

via labuanbajo-flores.com

via instagram.com/komodoboutique_marcopoloboat

Kamar yang disediakan total ada 24 kamar yang semua ruangannya udah pakai AC, kamar mandinya ada air panas, TV dan tiap ruangan ada teras private yang ngadepnya ke taman. Jadi setelah kamu cape muter-muter seharian, kamu bisa leyeh-leyeh di depan kamar sambil mandang-mandangin tamannya dan ngobrolin perjalanan hari ini bareng temen kamu. Bahkan bengong-bengong doang di depan kamar kayanya juga udah enak…

via tripadvisor.com

via id.hotels.com

 

Detail Informasi 

Rate : Mulai dari Rp 330.000 (2017) per malam untuk 2 orang

Alamat : Jl. Sernaru Labuan-Bajo-Flores, Labuan Bajo, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 081213162968 / komodoboutiquehotel@yahoo.com

 

3. CF KOMODO HOTEL

Hotel ini tepat jadi pilihan buat kamu yang cari ketenangan, pengen relaksasi, dan menjauh sebentar dari hingar bingar ibukota #haiyaahh. Soalnya taman di tempat ini cocok untuk kamu bersantai setelah berkegiatan.

via pegipegi.com

Selain tamannya, posisi penginapan ini juga mendukung kamu yang ingin mencari ketenangan dan kenyamanan yaitu terletak di atas bukit dan dikelilingi oleh hutan, jadi kamu akan merasa kaya lagi menyatu dengan alam tanpa ada suara berisik kendaraan serta bisa menghirup udara segar sambil nikmatin pemandangan dari Teluk Bajo. Jaraknya kira-kira 3 km dari timur kota Labuan Bajo.

via pegipegi.com

via tripadvisor.com

Total kamar di CF Komodo Hotel ada 12 ruangan, semuanya menyediakan kenyamanan dengan adanya balkon, AC, TV, kamar mandi, air panas, kulkas dan meja kerja. Pokoknya, disini tamu yang menginap akan dimanjakan dan dibuat senyaman mungkin sampai kamu mungkin akan merasa menang banyak karena fasilitasnya oke tapi harganya mure.

via labuanbajohotels.com

via pegipegi.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 300.000 (2017) per malam untuk 2 orang

Alamat : Jl. Alo Tanis, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 081337876334

 

4. HOTEL BAJO BEACH

Salah satu penginapan yang punya nightclub dan bar/lounge, jadi siap-siap aja kalau agak berisik pas kamu mau tidur nanti. Letaknya di jalan utama, jadi kamu tinggal jalan kaki 10 menit kalau mau ke pelabuhan. Kalau kamu ga mau jalan kaki tapi muter-muter naik motor, tinggal ke depan hotel aja, di sana terdapat penyewaan motor kok. 

via duniarahmi.wordpress.com

Jumlah kamarnya ada 16 kamar dengan tipe AC atau non AC dan kecil atau besar, masing-masing kamarnya punya area duduk-duduk private di bagian depan luar. Kabar baik lainnya adalah disini tersedia tempat parkir dan wi-fi, jadi bisa langsung connect sosial media setelah berhari-hari tanpa sinyal saat sailing keliling Taman Nasional Komodo. 

via expedia.co.id

via expedia.co.id

via tripadvisor.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 280.000 (2017) per malam untuk 2 orang

Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 0385-41008

 

5. HOTEL CENTRO BAJO

Ada 4 alasan untuk kamu menginap di hotel bintang tiga ini ketika berkunjung ke Labuan Bajo. Pertama yaitu fasilitas antar jemput gratis 1x per hari ke bandara atau kota. Letaknya hanya sekitar 10 menit dari bandara, tapi agak jauh dari pusat keriuhan kota, jadi di sini lebih tenang. Alasan kedua yaitu stafnya yang sangat ramah dan bersedia untuk membantu kamu ngejelasin destinasi-destinasi dan kebiasaan lokal Labuan Bajo, itung-itung dapet guide gratis selama di Hotel.

via floresexplore.com

via expedia.com 

 via centrobajohotel.indonesiaroom.com

Ketiga adalah desain penginapan yang cozy banget. Kamu bisa santai-santai di taman atau duduk-duduk di balkon yang menghadap ke taman. Kalau kamu mau memilih leyeh-leyeh di kamar sambil online pake wi-fi penginapan juga bisa. Atau, kalau mau nonton HBO pake TV layar datar pun ada. Terakhir, dengan menginap di sini kamu ga hanya dapat sarapan yang bervariasi tapi juga teh, kopi dan snack di sore hari secara gratis. Eh, alasannya bertambah satu lagi deh, karena untuk mendapatkan itu semua, biaya yang dibutuhkan hanya mulai dari Rp 275.000 (2017). Murah kan??

via tripadvisor.com

via tripadvisor.com

via hotelmurahku.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 280.000 (2017) per malam untuk 2 orang

Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 0385-41655

 

6. HOTEL PAGI

Hotel Pagi ini terletak agak di pojok jalan utama Soekarno Hatta di Labuan Bajo. Tapi karena emang dasarnya kota ini ga luas-luas amat, kalau menginap di sini tetap bisa jalan kaki sekitar 5-10 menit untuk sampai ke pusat kota, yaa sekalian liat-liat ada apa aja di jalan. Sementara untuk ke bandara, kamu perlu waktu 15 menit dengan berkendara menggunakan mobil atau motor. Ruangan kamar penginapan ini menawarkan konsep modern tapi basic, dilengkapi dengan TV layar datar. ?

via floresexplore.com

via id.hotels.com

Selain menyewakan kamar, penginapan ini juga punya minimarket di bagian bawah hotel, jadi ga usah jauh-jauh ke pusat kota untuk beli keperluan seperti sabun, sampo, sikat gigi atau cemilan. Fasilitas lainnya adalah air panas, wi-fi lancar jaya di seluruh area penginapan, parkiran gratis, bahkan ada jasa massage yang bisa dipesan sehabis kamu pegal-pegal trekking di Pulau Komodo. Lokasinya yang di pojokan dan fasilitasnya yang lumayan memadai, pas buat kamu yang lagi mau mencari keheningan dan ketenangan di Labuan Bajo.

via pegipegi.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 255.000 (2017) per malam untuk 2 orang

Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 0385-41999

 

7. HOTEL MATAHARI

Kalau lihat-lihat review orang tentang penginapan ini, pasti yang dibahas adalah tentang pemandangan dari balkon kamar dan restoran mereka yang kewl banget ketika sunset. Restorannnya ditempatkan di paling atas, sementara ruangan kamarnya terdapat di lantai 1 dan 2.

via traveloka.com

via tripadvisor.co.id

Bangunannya agak membingungkan ya gaes kalau dijelasin, mending langsung coba datang kesana untuk cek sendiri. Selain pemandangan, lokasinya juga oke karena dekat dengan pelabuhan dan di seberang hotel ada minimarket yang lumayan lengkap. Untuk kamarnya juga ada 2 tipe, yang ber AC dan kipas angin, semua kamarnya sudah ada kamar mandi di dalam. Sayangnya untuk wi-fi, cuma bisa kamu akses di area restoran, tempat kamu menyantap sarapan gratis berupa omelet atau pancake.

via traveloka.com

via labuanbajo-flores.com 

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 250.000 (November 2015) per malam untuk 2 orang

Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 081237025248

 

8. GREEN PRUNDI HOTEL

Ga perlu takut untuk ketinggalan pesawat kalau kamu menginap di sini karena Green Purundi Hotel merupakan salah satu penginapan dengan lokasi terdekat ke bandara, hanya sekitar 200 meter aja. Untuk lokasinya selain dekat dari bandara, penginapan ini juga dekat dengan pelabuhan, yaa 500 meter aja.

via labuanbajo-flores.com

via id.hotels.com

Untuk fasilitas penginapan ini lumayan lengkap, ada parkir gratis yang luas, makan di restoran, wi-fi gratis di semua area, TV layar datar beserta kamar mandi di setiap kamar dan semua orang yang bermalam di sini dapat menikmati pemandangan yang keren. Selain itu, penginapan ini juga menyediakan antar jemput gratis dari dan ke bandara. Selain menjual ruangan untuk bermalam, penginapan ini juga memiliki toko souvenir dimana kamu bisa beli oleh-oleh untuk orang tersayang di rumah (eyaaaah). 

via booking.com

via pegipegi.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 235.000 (2017) per malam untuk 2 orang

Alamat : Jl. Alo Tani, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 085333069931

 

9. HOMESTAY MANTA-MANTA

Dengan hanya menyediakan 9 kamar, akan menjadi siapa-cepat-dia-dapat untuk bisa menginap di sini. Lokasinya dekat dengan penginapan tendaan Bajo View, mereka satu gang tapi ga satu geng. Lumayan dekat ke pelabuhan dan pusat kota.

via mantamanta-komodo.com

Bentukan penginapannya seperti kos-kosan premium yang ada di daerah Benhil atau Kuningan, tapi harganya terjangkau, makanya lumayan rebut-rebutan lah untuk bisa bermalam di sini. Wi-fi juga udah ada disini tapi ya gitu, oke kalau untuk chatting, tapi kalau mau streaming ya ngadat-ngadat.

via mantamanta-komodo.com

via mantamanta-komodo.com

Penginapan Manta-Manta terdiri dari dua kompleks. Manta Manta I menghadap ke rumah tetangga, sementara Manta Manta II yang lebih baru, menghadap ke pelabuhan dan Taman Nasional Komodo. Selain itu, di Manta Manta II ada ruangan yang isinya triple bed, jadi pas banget kalau kamu jalan-jalan ke Labuan Bajo sekelompok tiga orang. Kamarnya bersih dan lumayan besar, serta di depannya ada teras yang bisa buat duduk-duduk. 

via mantamanta-komodo.com

via mantamanta-komodo.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 200.000 (2017) per malam untuk 2 orang

Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Gang Bajo View, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : mantamanta-komodo.com

 

10. HOTEL MUTIARA

Kelebihan dari penginapan ini selain murah, adalah lokasinya yang berada di jalan utama, persis di belakang Pelabuhan Labuan Bajo. Jadi kamu tinggal jalan kaki deh kalau mau kemana-mana. Itung-itung buat pemanasan nanti trekking di Pulau Komodo dan hiking di Pulau Padar gitu lah.

via tourism.nttprov.go.id

Hotel bintang satu ini pas banget buat kamu yang mau agak-agak backpackeran ke Labuan Bajo. Fasilitas nginep di sini udah pake AC, dapet tempat tidur (ya iyalah) dan dapat sarapan. Tapi sayangnya, di penginapan murah ini kalau kamu mau update sosial media harus pake kuota sendiri karena mereka ga nyediain wi-fi. Anyway, di sini juga ada laundry dan sewa motor, jadi kamu ga perlu pusing-pusing nyari transportasi buat muter-muter.

via agoda.com

Sekilas, bentuk penginapan ini mirip sama kos-kosan, dimana kamu bisa liat kamar yang berjejer dengan kursi plastik yang bertengger di terasnya yang sederhana. Yah namanya juga penginapan budget. Tapi walaupun begitu, kamar di sini memiliki kamar mandi dalam loh! Jadi, kalo ibarat kos-kosan ini adalah kosan di daerah Mampang lah, bukan di Depok tapi ngga nyampe Setia Budi juga. Haha!

via agoda.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 166.000 (2017) per malam untuk 2 orang

Alamat : Jl. Soekarno Hatta Kampung Tengah, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 081337489568

 

11.HOTEL GARDENA

Penginapan ini worth it banget dan ternyata merupakan salah satu penginapan yang direkomendasikan oleh Lonely Planet. Udah lokasinya strategis, kamarnya otentik, pemandangannya oke, dan harganya terjangkau! Coba kita bahas satu-satu ya. Pertama, lokasinya strategis karena letaknya di jalan utama Soekarno Hatta, kamu tinggal nyusurin jalan sambil jalan kaki kalau dari pelabuhan dan liat plangnya atau tanya taksi dari bandara. 

via tripadvisor.com

via indonesiatravelingguide.com

Kedua, kamarnya otentik dengan tipe bungalow yang terbuat kaya dari semacam kayu-kayu anyaman yang dibangun di atas bukit. Nah hal ini juga sih yang buat elemen ketiga yaitu pemandangannya superb! Kamu bisa ngeliat Labuan Bajo dari bagian yang lebih tinggi, jadi keliatan pelabuhan, kapal-kapal, dan laut yang indah. Selain itu, penginapan ini juga punya taman yang luas (makanya namanya Gardena kali ya?), jadi kalau siang-siang di penginapan ini, ga sepanas kalau kamu lagi jalan kaki di jalan Soekarno Hatta-nya.

via tripadvisor.com

via tripadvisor.com

via tripadvisor.com

Terakhir yaitu harganya terjangkau banget. Semua kenikmatan di atas bisa kamu dapatkan dengan mengeluarkan biaya yang ga sampe Rp 160.000 untuk seorang, kalau kamu datang sendirian dan menginap di kamar ekonomi tipe A yang ga pake AC. Kalau kamu mau booking, katanya lebih baik dengan telepon langsung daripada email. Sayangnya, mereka ga ada wi-fi, jadi kalau orang disini mau online biasanya pakai wi-fi dari restoran Italia yang ada di sebelah Hotel Gardena. Hahahaha.

via anysomewhere.com

via tripadvisor.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 154.000 (2017) per malam untuk 1 orang

Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 0385-41258 

 

12. CIAO HOSTEL

Nah ini Gaes, kalau kamu lagi solo traveling dengan ala ala backpacker kan sayang untuk bayar per kamar yang bisa diisi 2 orang tapi tidurnya sendirian, sad :( Jadi ya salah satu solusi untuk ngerasa worth it ngeluarin uang dan biar dapet temen baru adalah nginep di penginapan jenis dormitory ini yang bayarnya adalah per bed (alias per orang) dan kamu bisa ketemu orang baru yang berbagi ruangan kamarmu. Selain kenalan sama traveler lain, kamu juga bisa kenalan sama stafnya yang ternyata dikelola oleh orang-orang bule ini Gaes! Yang kiri namanya Bang Alessandro, nah yang kanan itu Bang Emma. Abis kenalan, kamu bisa ngajak teman baru ini jalan-jalan ke pusat kota Labuan Bajo karena jaraknya hanya 10 menit jalan kaki. 

via ciaohostel.net                                                   via ciaohostel.net

Walaupun terhitung penginapan baru, since baru buka Desember 2016, tapi ternyata penginapan ini termasuk salah satu yang best rated lho! Bayangin, di situs Booking.com dapet predikat 'Superb' dengan nilai 9.2 dari 10, ini berdasarkan 19 review tamu. Kata mereka, stafnya baik, makanan di hotelnya enak, ruangannya bersih, dan satu lagi, yang paling banyak dapet tanda seru, pemandangannya superwow katanya. Ya gimana nggak, tempatnya soalnya ada di atas bukit, jadi kamu bisa dengan jelas dapet pemandangan laut dari hostel ini.

via booking.com

via agoda.com

Untuk tipe dorm-nya ada 2, ada yang sekamar isi 6 tempat tidur, ada yang 4 tempat tidur. Untuk tempat tidurnya bertipe tempat tidur tingkat yang terbuat dari kayu yang langsung menghapa jendela sehingga menyuguhkan pemandangan seger setiap kamu  bangun tidur. Ga usah takut ga bisa update foto 'I woke up like this' kamu di socmed dengan latar pemandangan ini karena disini udah ada wi-fi gratis!

via booking.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 150.000 (2017) per malam per orang untuk tipe sekamar 6 tempat tidur

Alamat : Jl. Golo Silatey, Labuan Bajo, Indonesia, 86554  

Kontak : untuk memesan, kamu bisa cek di ciaohostel.net

 

13. HOTEL KOMODO INDAH

Lokasinya ada di Kampung Ait, 100 meter sebelum Hotel Matahari kalau dari arah Ruteng. Karena letaknya di jalan utama, jadi enaknya disini yaa kalau mau kemana-mana deket banget. Fasilitas lainnya yang oke adalah wi-fi nya yang stabil, mungkin karena letaknya di pusat kota kali ya? Juga stafnya yang suka senyum dan memahami bahasa Inggris, makanya bule juga banyak disini.

via stingynomads.com

via labuanbajo-flores.com

Penginapan ini emang diperuntukkan buat backpacker dengan tersedianya ruangan kamar yang tidak memiliki kamar mandi di dalam, tapi kamar mandinya buat sharing bareng tamu lain. Tipe kamarnya pun sederhana, ga bagus-bagus amat tapi tetep nyaman untuk istirahat. Kamu bisa menginap di sini hanya dengan Rp 150.000 (Agustus 2016) untuk double room dengan kipas angin.

via labuanbajo-flores.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 150.000 (Agustus 2016) per malam untuk 2 orang

Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Kampung Ait, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 082247194451

 

14. SIOLA HOMESTAY

Letaknya di pusat kota, tinggal jalan dikit, udah sampe ke mana-mana, cuma sekitar 5-10 menit jalan kaki untuk ke pelabuhan dan restoran.

via traveloka.com

via traveloka.com

Fasilitasnya juga lumayan menunjang, walaupun ga ada wi-fi, tapi udah ada layanan taksi, layanan kebersihan, tempat parkir bahkan bar. Kelebihan homestay ini adalah pegawainya yang ramah banget dan bersedia membantu, bahkan pernah ada tamu yang cerita kalau mereka pernah ditemani berjalan kaki oleh pegawai Siola Homestay untuk ke jalan utama sampai mendapatkan bemo. Menginap di sini harganya sangat terjangkau, cukup menghabiskan 140.000 (2017) per malam untuk sebuah kamar double dengan kipas angin yang sudah termasuk sarapan kecil. ?

via tripadvisor.com

via tripadvisor.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 140.000 (Agustus 2016) per malam untuk 2 orang

Alamat : Jl. Cumi-Cumi, Kampung Ujung, Labuan Bajo, Indonesia, 86554?

Kontak : 085237448000 / ignasius.fendi@yahoo.co.id

 

15. BAJO VIEW

Akomodasi yang masih terhitung baru di Labuan Bajo ini menawarkan konsep tendaan yang ramah kantong dan lingkungan, cocok untuk kamu yang backpacker-an dan emang ingin bertualang ke Labuan Bajo.

via qaedif.wordpress.com

via tripadvisor.com

Nah karena kamu seeking for adventure, mau ke sini juga agak adventurous. Untuk bisa sampai ke lokasi penginapan ini, kamu harus menapaki jalan menanjak yang lumayan buat latihan nanjak di Pulau Padar. Tapi abis kamu nanjak, kamu akan bisa lihat pemandangan laut yang WOW dari atas bukit, apalagi pas sunset, syahdu tenan!

via instagram.com/faris_akhmad 

Kalau sebelumnya diceritain kalo kamu harus nanjak dulu karena lokasinya ada di atas bukit, kesannya penginapan ini jauh ya, padahal nggak loh. Bajo View jaraknya cuma 5 menit dari dermaga, 10 menit dari pasar ikan dengan jalan kaki, tapi tenang aja bau ikannya ga sampe ke sini kok. Sementara itu, tendanya sendiri ukurannya 2x2x2m, di dalamnya ada 2 kasur dan 1 kipas angin, total ada 26 tenda. Kamar mandinya terpisah sama tenda (ya iyalah ya), dengan total ada 8 kamar mandi tipe western (baca : WC-nya ga ada semprotan airnya) berjejer di samping tenda. Yang penting untuk diingat adalah air di sini hanya nyala pukul 6 - 9 pagi dan 6 - 9 malam, karena di daerah ini emang agak susah air. Jadi kalau mandi atau melakukan panggilan alam, mending di 

via ngelancongweekend.com

via lindaumar.wordpress.com

Untuk overall penginapannya oke kok, udah ada wi-fi dan ada area publik, yang juga menyajikan berbagai menu makanan, berbentuk seperti deck dari kayu untuk melihat sunset yang menghadap ke Pelabuhan dan Laut Flores.  ?

via tripadvisor.com

Di area penginapan ini juga dipenuhi dengan tanaman rambat yang membuat suasana lebih adem pas siang dan lebih syahdu pas malam.

via tripadvisor.com

Yang paling penting, kamu bisa nyobain nginep di penginapan tenda pertama di Labuan Bajo ini dengan harga mulai dari Rp 70.000 (2017), bersahabat banget kan Gaes?? 

via phinemo.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 70.000 (2017) per malam untuk 1 orang

Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Kampung Tengah, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 082146816321

 

16. COOL CORNER BACKPACKER HOSTEL

Ini dia penginapan di Labuan Bajo lain dengan konsep dorm. Kebanyakan penginapan di Labuan Bajo dan sekitarnya mengusung tema kamar yang private, tapi Cool Corner Backpacker hostel beda, dari namanya aja sebenernya udah so obvious hehehe. Disini, satu kamarnya diisi oleh 12 orang yang bisa tidur di 5 tempat tempat tidur susun dari kayu ditambah dengan 2 matras di lantai.

via atiqohhasan.com 

via atiqohhasan.com

Letaknya juga di jalan utama Soekarno Hatta, mencolok banget karena ada di pinggir jalan, desainnya yang beda dari penginapan kebanyakan dan biasanya selalu ramai. Nah ini sih satu lagi keunikan di sini, social vibe yang ada di Backpacker Hostel ini yang bisa kamu rasain kalau menginap. Pemiliknya yang namanya Pak Gregorius super ramah dan bersedia untuk membantu kamu kalau mau muter-muter Labuan Bajo, beliau malah senang kalau ditanya-tanya dan ngobrol sama tamunya. Tamu-tamu di sini juga biasanya kenalan dan akhirnya jalan bareng satu sama lain yang dimulai dari hangout di teras, bareng Pak Gregorius juga. Saking ramenya orang-orang ngobrol, bahkan untuk kamu yang kalau tidur ga bisa keberisikan harus pake earplugs untuk meredam suara-suara tersebut.

via brentosbornephotography.com

Tidur di sini dijamin bikin kamu tenang, selain karena emang tempatnya nyaman, kamu pun ngga perlu khawatir akan bokek karena hanya perlu membayar 60.000 per malam per tempat tidur (2017) yang udah pake AC, terus gratis wi-fi jadi bisa langsung follow-follow-an di socmed sama temen baru yang biasanya bule dan ditambah dapet donat dan kopi gratis di pagi hari! Emang bener-bener pojokan keren ya!

via atiqohhasan.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 60.000 (2017) per malam untuk 1 orang

Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 081339474775

 

17. KAMPUNG BULE HOSTEL

Daaan sampailah kita pada penginapan termurah di Labuan Bajo yaitu Kampung Bule Hostel yang menurut hasil kepo, harganya adalah Rp 50.000 untuk satu orang per malam (September 2016), itungannya per orang karena konsepnya adalah dormitory. Selain murah, tempatnya juga strategis. Kamu bisa dengan gampang nemuin tempat ini dengan adanya poster geda yang nunjukkin keberadaan hostel ini dan juga dari hostel ini sampai ke pelabuhan tempat kamu mau ke Pulau Komodo cuma memakan waktu 10 menit.

via hostelz.com

Semua ruangannya campur, bisa cewe & cowo satu ruangan dan tipe ruangannya juga macam-macam, ada yang 3,4,5 bunk bed di satu ruangan. Kamu juga udah bisa mengakses wi-fi dari dalam ruangannya, jadi yaa kalau kenalan sama temen baru sekamar bisa langsung kepo-in socmednya dan hasil keponya dijadiin bahan obrolan hehehe

via hostelz.com

via hostelz.com

Nah kalau udah kenalan di kamar, kamu bisa ngobrol-ngobrol lebih lanjut di area makan yang ada di depan ruangan atau ngobrol di balkon yang memiliki pemandangan oke karena bisa ngeliat perairan Labuan Bajo. Atau kalau mau ngobrolnya di dalam kamar aja juga boleh kok. Yaaa namanya kan Kampung Bule, jadi kamu ada bayangan lah ya bakal dapat teman baru yang kaya apa... :)

via hostelz.com

via hostelz.com

 

Detail Informasi

Rate : Mulai dari Rp 50.000 (September 2016) per malam untuk 1 orang

Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Pasar Lama,  Labuan Bajo, Indonesia, 86554

Kontak : 0385-41276 

 

Itu dia Gaes, 17 Budget Hotel di Labuan Bajo untuk liburan 'ringan' kamu ke Komodo yang udah diurutin dari yang termahal ke termurah. Setelah ngebaca ulasan 17 penginapan 'ringan' ini, kamu jadi makin tertarik ga untuk jalan-jalan ke Pulau Komodo dalam tempo sesingkat-singkatnya?

 


editor
Editor Chiquita Marbun
or simply called Tita, currently pursuing higher degree in education simply just to postpone her parents-told-destiny to work in a company. You'll either find her lying under the sun by the calm beach or trying several menus on the authentic restaurant if

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.