Daerah Istimewa Yogyakarta - 437 Hits

Kalo saat gue bilang ‘Jogja’ dan lo keingetannya sama Malioboro, Keraton, Prambanan atau Parangtritis, berarti lo masih nyangkut di aliran wisata mainstream-nya Jogja. Tapi emang sih, sosok Jogja gak akan pernah bisa dipisahin sama tempat-tempat tadi. Tapi, percaya-gak-percaya Jogja ternyata punya segudang wisata seru yang lebih dari itu. Dan biasanya, cuma sedikit orang aja yang tau, jadi main ke sini rasanya lebih ekslusif (woelah). Ada apa aja? Yuk bahas satu-satu.

1. GOA PINDUL

Sebenernya agak kebangetan sih kalo lo gak tau Goa Pindul. Soalnya, dia lagi naik daun banget walau gue sendiri gak tau daun apa yang bisa dia naikin #kriuk. Intinya, orang-orang pada rame main ke goa ini karena di sini mereka bisa ngerasain sensasi susur goa sambil ngapung pake ban di atas sungai bawah tanah. Mayan seru lah kalo menurut gue, ya walaupun jenis susur goa-nya gak seekstrim yang biasa dilakuin anak-anak pecinta alam. Biayanya juga murah, cuma sekitar 35 ribuan perorang. Makannya, sekarang Goa Pindul udah jadi semacam wisata pelarian buat mereka yang ngerasa aduh-Parangtritis-lagi-Parangtritis-lagi.

Via desawisatabejiharjo.wordpress.com

2. CANDI RATU BOKO

Buat yang ngira kalo Jogja cuma punya Candi Prambanan dan Candi Borobudur doang (padahal Borobudur juga ada-nya di Magelang ya kan), ternyata kalian salah besar. Karena, ada satu lagi candi yang menurut gue lebih keren dari Prambanan, namanya Candi Ratu Boko. Kenapa lebih keren? Karena Candi Ratu Boko ini bentuknya gak kayak candi-candi kebanyakan yang kotak sempurna, tapi bolong di tengahnya (jadi ini donat apa candi?). Ya mirip-mirip sama gapura gitu lah. Nah, bentuk candi yang gak biasa ini akan keliatan jauh lebih keren kalo lo dateng kesininya pas sunset karena siluet candi akan keliatan megah banget. Apalagi kalo lo bisa dapetin momen saat matahari terbenamnya pas di tengah-tengah lobang candi, lo akan nahan napas deh pasti!

Via aliyamuafa.wordpress.com

3. GOA JOMBLANG

Duh, ini dia nih salah satu tempat favorit gue di Indonesia. Waktu gue main ke sana, yang ada gue ngucap ‘Subhanallah’ terus-terusan saking kagumnya. Yah gimana enggak ya, secara mata lo disuguhin sama cahaya putih super dramatis yang mirip kayak cahaya ilahi. Bikin antrem bin tentrem. Tapi, bukan berarti gue di sana jadi cuma sibuk dzikir sampe lupa foto-foto karena nyatanya si cahaya ilahi ini minta banget buat dijadiin background foto. Ya secara, emangnya tujuan orang-orang ke Goa Jomblang ngapain lagi kalo gak narsis bareng cahaya ilahi? :p

Via instagram.com/alfitsaputro

4. LAVA TOUR MERAPI

Inget Mbah Maridjan gak? Rumahnya yang hancur karena bencana Merapi sekarang jadi tempat yang wajib didatengin saat main ke gunung ini. Kunjungan ke rumah Mbah Maridjan ini sebenernya bagian dari Lava Tour Gunung Merapi. Dengan naik Mobil Jeep atau Motor Trail, lo akan di bawa berkeliling dunia lain yang gersang dengan warna abu-abu yang dominan. Atmosfer mencekam sisa bencananya juga masih kerasa banget. Selain mengunjungi Rumah Mbah Maridjan, lo juga akan dibawa keliling bekas Desa Kinahrejo, desa yang dulu lokasinya paling deket sama puncak Merapi yang sekarang udah jadi kayak desa mati. Seru!

Via isuberita.blogspot.com

5. GUNUNG PURBA

Saat lo main ke sini, lo akan ngerasa kayak kelempar ke Belitung dimana batu-batu super gede seenaknya bertebaran dimana-mana. Bedanya, kalo Belitung itu pantai, sedangkan Gunung Purba ini ya Gunung, sesuai sama namanya. Dinamain Purba karena emang gunung ini udah ada sejak jaman pembentukan bumi duluu banget. Tapi, sekarang gunung ini udah cuma jadi semacam ‘pajangan’ doang karena emang udah gak aktif lagi. Gunung ini tingginya cuma 700 meter, jadi gak butuh tenaga dan waktu yang banyak buat hiking-nya, paling lama 1,5 jam buat sampe puncak. Alhamduuu~

Via instagram.com/alfitsaputro

6. PUNTHUK SETUMBU

Ngeliat sunrise di Borobudur? Ah basi! Apalagi ngeliat sunrise di Parangtritis, lebih basi lagi! Sekarang mah jamannya ngejar sunrise di Punthuk Setumbu gaes. Di sini, lo bisa ngeliat suasana mistis saat kabut mulai turun yang nyiptain efek ‘berlapis-lapis’ pada bayangan bukit-bukit yang ada di bawah sana, dari mulai bayangan warna terang sampe yang gelap di kejauhan. Tapi itu bukan atraksi utamanya karena yang sebenernya orang-orang cari saat ke sini adalah siluet Candi Borobudur yang keliatan dari kejauhan. Suasana sunrisenya beda dari yang lain kan?

Via flickr.com (Dwi Rahma Putra)

7. GUMUK PASIR

Kalo udah ada di Parangtritis, sempetin main ke Gumuk Pasir deh. Lokasinya gak jauh dari Pantai Parangtritis karena masih masuk dalam satu komplek. Beda sama Parangtritis yang suasana pantai dan udah touristy banget, Gumuk Pasir ini isinya cuma hamparan pasir super luas dan masih jarang pengunjung. Di Gumuk Pasir ini, kegiatan yang paling cocok sebenernya ya narsis-narsisan. Secara suasana Gumuk Pasir ini menurut gue gak kaya di Indonesia. Mirip-mirip di Vietnam, bedanya warna pasir di sini abu-abu, bukan orens. Selain itu, lo juga bisa tuh sand boarding. Jadi, lo akan duduk di atas papan dan meluncur asoy dari atas bukit pasir. Lumayan macu adrenalin sih, walau lo harus siap-siap kelilipan :p

Via dwidina16.blogspot.com

8. PANTAI-PANTAI GUNUNG KIDUL

Pantai Parangtritis itu pasirnya abu-abu, kalo pantai-pantai di Gunung Kidul warna pasirnya coklat. Kira-kira lo lebih suka yang mana? Gue sih lebih milih yang coklat, lebih cakep ya kan. Selain itu, masih jarang orang-orang yang main ke sini, jadi gak sumpek dan bahkan bisa ngerasain suasana private beach karena bisa jadi cuma lo yang main ke sana. Gue sebut pantai-pantai karena emang ada banyak pantai di Kabupaten Gunung Kidul yang semuanya punya pasir warna coklat, meski dengan karakteristik yang beda. Misalnya ada Pantai Krakal yang garis pantainya didominasi sama karang, jadi kurang cocok buat lo yang mau main ombak. Atau ada Pantai Siung yang punya garis pantai landai tanpa karang jadi lo bisa puas basah-basahan tanpa takut kaki lecet. Selain itu, di Pantai Siung ini juga banyak tebing-tebing yang bisa lo panjat, ya kali-kali aja lo suka panjat tebing kan. Selain 2 pantai tadi, masih ada 15-an lebih pantai di Gunung Kidul yang nunggu buat dieksplor. Tinggal pilih, sukanya pantai yang kayak apa, yang jelas semuanya masih sepi dan berpasir coklat. :)

Via flickr.com (Harry Tri Andhika)

9. PARALAYANG PARANGTRITIS

Dalam artikel ini, kira-kira udah berapa kali gue bilang kalo Parangtritis itu udah basi? Sorry to say, ya tapi emang kenyataanya begitu sih. Sekarang tuh Parangtritis masif-nya udah luar biasa. Semua rombongan yang ke Jogja kayaknya gak sah banget kalo gak mampir ke sini. Yang ada, pantainya jadi penuh dan terasa kayak Malioboro pindah ke sini. Padahal atraksinya cuma itu-itu aja, main sama ombak atau kalo mau ngeluarin kocek dikit ya naik delman keliling pantai. Padahal, kalo mau geser dikit lo bisa dapet suasana yang beda dari Parangtritis. Coba naik deh ke bukit yang ada di deket pantai. Di sana ada atraksi super seru dimana lo bisa terbang bebas di atas laut selatan yang keliatan luas banget. Buat yang pernah nyobain paralayang di Puncak Bogor, sebenernya ini sama aja. Bedanya ya tadi, momen melongo lo akan terasa lebih lama karena pemandangan yang ditawarin itu hamparan laut yang luas. Dan jelas ini lebih bikin deg-degan dan menantang, secara kalo jatoh berarti akan langsung nyemplung ke laut selatan. Ya kan?

Via wisatayogyakarta.net

10. KEBUN BUAH MANGUNAN

Bukan, elo gak akan memetik buah atau belajar mengupas mangga dengan benar di sini. Walaupun sebenernya wisata memetik buah emang ada sih. Tapi, hal menarik dari Kebun Buah Mangunan bukanlah hal itu. Pemandangan hamparan perkebunan di bawah sana dengan aliran sungai Oya di tengahnya lah yang menjadi alasan kenapa elo harus main ke sini. Bonusnya, lo juga bisa ngeliat hamparan laut selatan dari kejauhan. Kalo mau lebih lama, sekalian aja nunggu sunset di sini. Secara tepatnya di ketinggian, sunset di sini jadi keliatan lebih mantep.

Via instagram.com/alfitsaputro

11. HUTAN PINUS IMOGIRI

Pernah dengar makam para Raja-Raja Imogiri yang isinya makam dari Raja-Raja keturunan Mataram Islam? Nah, di deket situ, ada satu wisata asik buat penggemar fotografi, namanya Hutan Pinus Imogiri. Buat yang suka foto-foto atau difoto, pasti suka banget tempat ini karena di sini ada barisan pohon pinus yang rapi dan terlihat fotogenik banget buat dijadiin objek atau background foto. Contohnya, kaya foto gue itu :p Kalo mau ke sini, elo bisa sekalian mampir ke Kebun Buah Mangunan yang udah disebut di atas karena lokasinya yang gak jauh, paling 15 menitan.

Via instagram.com/alfitsaputro

12. AIR TERJUN SRI GETHUK

Nah, buat pecinta air terjun, ini dia salah satu air terjun yang paling bagus yang ada di Jogja. Air terjun Sri Gethuk keliatan unik karena punya bentuk yang berundak, beda dari air terjun kebanyakan yang lurus-lurus aja. Selain itu, aliran air terjun juga langsung jatuh ke dalam sungai, gak kayak air terjun lain yang aliran airnya jatuh ke dalam kolam. Untuk mencapai air terjun ini juga seru, karena lo harus naik getek dulu, secara air terjun ini adanya di tengah-tengah aliran sungai kan. Yang mau mandi, bisa banget lah elo mandi di sungai sambil dikucurin aliran air terjun. Adem!

Via entrilawas.blogspot.com

Okeh, itulah 12 tempat wisata anti-mainstream di Jogja versi Tamasyeah!. Semoga bermanfaat buat elo yang masih jatuh cinta sama Jogja dan selalu pingin main ke sini tapi udah bosen sama Parangtritis (lagi) atau Prambanan. Kira-kira, tempat mana yang paling pengen elo datengin? Atau malah ada yang udah pernah semuanya? Ceritain dooong di komen! Kepo gue :p
 


#Travel #Alam
Penulis
Penulis alfitrahmat saputro
working in an agency doesn't deter him to keep exploring Indonesia in any free time he had. As a matter of fact, he, who wanted to write a book someday, seems to always be the first person among his friends that has visited any newly-hip beach destination

Artikel Terkait

Daerah Istimewa Yogyakarta - 305 Hits

Berburu Cahaya Ilahi di Perut Bumi

Daerah Istimewa Yogyakarta - 334 Hits

Lomba Ngejar Kabut di Punthuk Setumbu

Daerah Istimewa Yogyakarta - 298 Hits

Main ke Dunia Lain Bareng Lava Tour Merapi

Advertisement

Rekomendasi Lainnya

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.