Menjajal Replika Surga di Dieng


Jawa Tengah - Photography - 219 Hits

Kalo kamu punya cita-cita masuk surga, berarti kamu harus banget pergi ke sini. Itung-itung sebagai pemanasan, supaya kamu nggak norak-norak amat saat nanti masuk surga yang beneran.

Emang ngga lebay kalo nenek moyang dulu kasih nama wilayah ini dengan sebutan “Dieng” yang bisa diartikan sebagai khayangan atau surga. Keindahan alam dari mulai lanskap wilayah yang berbukit hijau, Telaga Warna yang berwarna toska, kawah-kawah aktif dengan kepulan asap putihnya yang membumbung sampe golden sunrise di Puncak Sikunir yang digadang sebagai sunrise terbaik di Asia menjadi bukti bahwa nenek moyang kita dulu ngga sakit mata apalagi buta hingga salah kasih nama. Terlebih, lokasinya yang ada di ketinggian 2000 mdpl membuat udara di sini sejuk-sejuk dingin, mirip dengan gambaran surga asli yang adem dan anti gerah. Bahkan, kalo musim kemarau, kamu bisa ngeliat ‘salju’ alias embun yang membeku karna suhu di sini bisa sampe -5 derajat celcius. Sangat ngga disarankan untuk kamu yang jomblo dateng saat musim itu, kecuali emang udah frustasi banget dan pingin mengakhiri hidup dengan mati membeku.

Via flickr.com (Riana Ambarsari)

Ngga cuma itu, gambaran surga tanah Jawa ini juga terlihat dari seperempat lusin gunung yang mengelilingi daerah ini. Ada Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Merapi yang menyuguhkan siluet super cakep saat sunrise atau sunset. Ditambah, karpet putih dari gumpalan awan yang terbentang di bawah sana membuat suasana sunrise dan sunset di Dieng makin dramatis. Untuk melihatnya, ya pergi ke Puncak Sikunir itu. Cuma 15 menit trekking santai sudah bisa melihat sunrise yang katanya terbaik se-Asia tersebut.

Kalo mau yang lebih oke, kamu bisa nanjak lebih tinggi ke Gunung Prau. Di sana, selain ada sunrise yang 11-12 sama sunrise di Sikunir, kamu juga bisa gegoleran lucu di Bukit Teletubis. Disebut demikian karena penampakannya emang mirip dengan lokasi syuting Teletubis, bukit-bukit yang berjajar membentuk lanskap naik-turun yang ciamik. Tentunya, dengan dilengkapi aksesoris rumput hijau yang keliatan padat banget.

Ngga salah kalo akhirnya dulu nenek moyang betah tinggal di sini dan menjadikan Dieng sebagai pusat penyebaran agama Hindu. Mereka sampe ngebangun kompleks candi sebagai sarana kegiatan keagamaan di sana. Candi yang dibangun antara lain Candi Arjuna, Candi gatot Kaca, Candi Bima dll. Sampe sekarang, bangunan candi-candi tersebut masih betah berada di kawasan ini dan malah dijadikan wisata andalan Dieng. Karena lokasinya yang berada di tanah lapang berpagar bukit, maka candi-candi ini kalo difoto akan terlihat mencolok di tengah-tengah hijaunya rumput. Akan tambah cakep, saat kabut turun nyelimutin candi, rasanya udah kayak beneran ada di surga gitu lah.

Via instagram.com/alfitsaputro

 

CARA KE DIENG

Transportasi Umum Ke Dieng

  • Transportasi Bus dari Jakarta ke Dieng

1. Dari terminal Rawamangun dan Tanjung Priok naik bus Pahala Kencana Rp 160.000 (tahun 2014) berangkat jam 7 malam.
2. Dari terminal Kampung Rambutan, Pasar Minggu, Depok dan Bogor naik bus Sinar Jaya Rp 95.000 (tahun 2014) berangkat jam 5 sore. Telpon untuk pesan tiket 0286-3325689/0286-5802245.
3. Dari Pool Damri Kemayoran Rp 65.000 (ekonomi), Rp 77.000 (patas ekonomi), Rp 85.000 AC (ekonomi) dan Rp 102.000 (AC patas) berangkat paling malam jam 8.
4. Perjalanan rata-rata memakan waktu 13 jam sampai ke terminal Wonosobo. Dari terminal Wonosobo lanjut naik Mikro Bus Rp 10.000 sampai ke Dieng. Mikro bus paling malam jam 6 sore. Lama perjalanan 1 jam.

  • Transportasi Bus dari Purwokerto ke Dieng

Lo bisa naik bisa seharga Rp 20.000 (Januari 2013) dari Terminal Purwokerto. Perjalanan sekitar 3 jam. Jalur Purwokerto ini biasanya diambil sama orang-orang Jakarta yang awalnya naik kereta dan lanjut dengan bis. Telpon agen bus 0281-639286.

  • Transportasi Bus dari Jogja ke Dieng

Dari terminal Jombor naik bus tujuan Magelang Rp 10.000 (tahun 2014) dan lanjut dari Magelang ke Wonosobo naik bus Rp 20.000 (tahun 2014). Lama perjalanan 3,5 jam sampai Terminal Wonosobo. Dari Terminal Wonosobo lanjut naik Mikro Bus kayak di atas. Lama perjalanan sekitar 4,5 jam.

  • Transportasi Bus dari Kutoarjo ke Dieng

Dari Stasiun Kutoarjo naik angkutan kecil warna kuning menuju MPS Rp 5.000 (tahun 2014). Dari MPS naik mikro bus tujuan Wonosobo Rp 20.000 (tahun 2014) sampai Terminal Wonosobo. Selanjutnya naik mikro bus kayak di atas.

  • Transportasi Bus dari Kebumen ke Dieng

Naik Mikro Bus sampe Terminal Prembun Rp 5.000 (November 2013). Dari Terminal Prembun, cari bus tujuan Wonosobo Rp 25.000 (November 2013). Dari terminal Wonosobo naik Mikro Bus kayak di atas.

  • Transportasi Bus dari Semarang ke Dieng

Dari Terminal Terboyo naik bus jurusan Wonosobo Rp 20.000. Lama perjalanan 4-5 jam.

  • Transportasi Kereta Ke Dieng

Karena di Dieng gak ada Stasiun secara letaknya yang ada di tengah-tengah Pulua Jawa, maka lo harus turun di Stasiun Purwokerto, Kebumen, Kutoarjo atau Jogja dan dilanjutin naik bus seperti yang udah dijabarin di atas. Untuk kelas AC ekonomi. Rata-rata harganya Rp 50.000-Rp 55.000 (Juni 2014) dan akan naik bulan September nanti <!--3-->

  • Transportasi Pesawat ke Dieng

Ya ampun, di Dieng belom ada bandara btw. Jadi kalo mau naik pesawat bisa sampai Jogja atau Semarang trus lanjut naik angkutan yang udah dijabarin di atas.

  • Sewa Mobil di Dieng

Karena letak satu tempat wisata dengan tempat wisata lainnya tuh jauh, buat yang punya budget lebih bisa nyewa mobil. Harganya Rp 500.000-600.000 (tahun 2014) tergantung tipe dan udah termasuk supir dan bensin. Harga gak termasuk kalo lagi high season yak. Kelebihan sewa mobil adalah kita bisa minta jemput di Terminal Wonosobo jadi turun bus kota langsung cabut ke Dieng.

  • Sewa Motor di Dieng

Buat yang budgetnya kecil jangan sedih. Selalu ada cara untuk jadi murah. Di Dieng ada sewa motor biasanya di homestay-homestay. Harganya Rp 125.000 (Nov 2013) untuk 24 jam belom termasuk bensin.

  • Ojek di Dieng

Yak ini dia pilihan yang tepat buat para solo traveler. Lo bisa sewa ojek harganya 150.000 (Nov 2013). Keuntungannya? Lo gak perlu nyasar nyari jalan, lo gak perlu kedinginan nyetir motor, diceritain cerita-cerita di Dieng dan yang terpenting: bisa minta difotoin secara lo lagi jalan sendiri ya kan.

PENGINAPAN DI DIENG
Penginapan di Dieng itu kelasnya masih homestay, belum ada hotel. Tapi biarpun gitu, fasilitas udah lumayan kok kayak air panas dan wifi. Range harga dari Rp 75.000-350.000 (tahun 2014). Salah satu yang paling recomended adalah penginapan Bu Djono, lokasinya di pertigaan Dieng. Harga permalemnya Rp 75.000 dengan fasilitas wifi dan air panas. Satu kamar bisa diisi 3 orang.

EVENT DI DIENG
Di Dieng, ada acara tahunan namana Dieng Culture Festival. Acara ini hits parah, tahun 2013 aja ada 30.000 orang dateng ke festival ini.

TIPS
Bawa jaket, jaket dan jaket. Sarung tangan kalo perlu dan kupluk juga penting. Ini seriusan, kalo lagi kemarau suhunya bisa sampe 0 derajat celsius sampe air pada jadi es. Kebayang kan dinginnya kayak apa?
Selain itu, bawa sepatu yang proper buat naik ke sikunir. Jangan yang solnya udah aus apalagi nekat pake sendal ando, kepeleset mulu ntar yang ada.

 

 


#Travel #Alam
editor
Editor alfitrahmat saputro
working in an agency doesn't deter him to keep exploring Indonesia in any free time he had. As a matter of fact, he, who wanted to write a book someday, seems to always be the first person among his friends that has visited any newly-hip beach destination

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.