Daerah Istimewa Yogyakarta - Sport & Adventure - 306 Hits

Jujur, Goa Jomblang udah jadi salah satu tempat favorit gue yang ada di Indonesia. Ngeliat cahaya ilahi yang turun di sini udah sukses bikin gue melongo, bahkan jauh sebelum gue berangkat beneran ke sana. Dan nyatanya, ngeliat cahaya ilahi secara langsung yang munculnya secara perlahan-lahan itu emang terasa dramatis banget. Ada momen girang, kagum sampe momen bulu kuduk berdiri saking terharunya.

Via trekina.com

Goa Jomblang ini lokasinya ada di Jetis Wetan, Kabupaten Gunung Kidul. Ya sekitar 2 jam lah kalo dari Kota Jogja. Goa Jomblang ini sendiri merupakan goa vertikal dimana kalo orang mau main ke sana harus menggunakan tali dan dikerek layaknya ember sumur. Untuk sampe ke dasar goa, lo harus turun dengan posisi menggantung sejauh 60 meter. YES, I SAID 60 METERS. Kebayang gak kalo dikonvert ke ukuran gedung di Jakarta akan jadi gedung berapa tingkat?

Tapi, percayalah, proses turun ini sangat menyenangkan. Debar-debar jantung lo akan terasa kenceng banget, ngalahin saat pertama kali lo ciuman. Dari mulai karena takut ketinggian sampai karena merasa insekyur sama alat-alat yang dipake. Walaupun sebenernya alat-alatnya udah keliatan meyakinkan secara pihak pengelolanya dulunya anak pecinta alam.

Via instagram.com/alfitsaputro

Sampe di dasar goa, lo akan disambut sama hutan purba. Hutan purba ini sebenernya dulunya adalah hutan biasa seperti kebanyakan hutan pada umumnya. Tapi, karena dasar tanah dari hutan tersebut amblas ke bawah (yang merupakan awal terbentuknya goa), makannya hutan tersebut ikutan amblas dan jadilah hutan ini ada di dasar tanah. Mungkin ya karena kurang sinar matahari makannya pohon-pohon yang ada di sini jadi beradaptasi dan bikin mereka keliatan aneh. Kayak misalnya ada pohon yang daunnya kayak pohon palem tapi batangnya kayak pohon (yah mungkin bisa disebut) rambutan. Atau ada cabe-cabean yang keliatan kayak cabe beneran tapi belom pernah ada yang berani makan, mungkin karena takut beracun kali yak. Nah, keanehan-keanehan itulah yang akhirnya bikin hutan di sini disebut hutan purba.

Di dasar Goa Jomblang, selain ada hutan purba, juga ada goa horizontal yang menghubungkan Goa Jomblang dengan goa yang satunya lagi: Goa Grubug. Nah, sebenernya, di Goa Grubug inilah si cahaya ilahi itu turun. Tapi, karena ketinggian Goa Grubug sekitar 90 meter, which is yang ketinggian 60 meter aja lo udah mau sekarat, makannya untuk turun ke dasar goa si pengelola lebih memilih untuk lewat Goa Jomblang. Dan jadilah nama Goa Jomblang yang lebih terkenal. Dan bahkan judul artikel ini pun menyebutnya Goa Jomblang. Kasian yah Goa Grubug ini :’<

Via instagram.com/alfitsaputro

 

Dinamain Goa Grubug mungkin ya kayaknya karena di sana ada aliran sungai bawah tanah yang lumayan deres yang suara aliran airnya super berisik dan kedengerannya bunyinya kayak ‘grubug-grubug’. Kali loh ya. Dan tapi emang beneran aja sih kalo suara aliran sungainya itu segitu berisiknya sampe menuhin satu ruangan goa. Orang kalo lo mau ngomong lo harus tarik urat dulu supaya bisa kedengeran. Tapi ya, justru adanya sungai bawah tanah ini yang bikin Goa Grubug spesial. Karena ternyata, embun dari grojogan air sungai yang terbang-terbangan itulah yang bikin cahaya matahari yang masuk lewat mulut goa jadi punya warna putih terang kayak cahaya ilahi. Ya mungkin kalo bahasa ilmiahnya dibiaskan gitu kali yak.

Untuk ngeliat cahaya ilahi ini, lo gak bisa seenaknya dateng ke Goa Grubug. Karena, munculnya cahaya ilahi udah ditentuin waktu shownya. Karena Goa Grubug itu adalah goa vertikal, makannya waktu terbaik buat ngeliat cahaya ilahi yaitu pas matahari tepat ada di atas mulut goa, ya sekitar jam 11-1 siang lah. Di luar jam itu, jangan harap lo bisa dapet foto-foto caem kayak punya gue ini karena cahaya ilahinya pasti udah pudar. Eh btw, gimana, ngeliat foto-foto gue ini udah cukup bikin lo melongo sebelum lo beneran pergi ke sana gak? :p

Via instagram.com/alfitsaputro

INFO

Cara Ke Goa Jomblang

Transportasi umum ke Goa Jomblang itu cuma mitos alias gak pernah ada. Yang ada, lo harus nyewa motor atau mobil dan nyetir ke arah Semanu di Gunung Kidul. Patokannya, setelah Pabrik PLN (sebelah kiri) gak jauh akan ada jalan di sebelah kanan, nah lo masuk ke jalan sana. Dari situ, lo ikutin jalan sampe ketemu jalan yang menuju ke Goa Jomblang. Gue saranin lo untuk nanya ke penduduk sekitar karena jalanan yang lo cari itu jalanan kecil dan jalanannya pun super jelek, gue sampe ngumpat-ngumpat sumpah serapah saking keselnya. Pokoknya, dari jalanan yang deket Pabrik PLN itu sampe ke Goa Jomblang masih sekitar 30 menitan lagi deh. 

Operator Goa Jomblang

Karena Goa Jomblang ini goa vertikal, jadi untuk masuk ke dalemnya ya gak sembarangan masuk. Lo butuh alat-alat dan tenaga orang banyak untuk nurunin (dan juga naikin lagi) lo pake tali yang dikerek.  Yah seengaknya nyawa lo ada di tangan 7 orang yang megangin tali plus 1 orang guide yang mastiin lo gak tersesat di bawah sana. Jadi, totalnya ada 8 orang warga sekitar yang terlibat. Makannya, biayanya lumayan mahal, sekali turun dompet lo bisa langsung keilangan Rp 450.000. Weeek, bokek-bokek deh lo. Tapi, menurut gue sih itu gak ada apa-apanya sama apa yang akan lo liat, ya gak? :p

Tips

Persiapkan pantat yang tebal, karena jalan di daerah Semanu-nya sumpah jelek banget. Sejelek itu. Gue kasih tau gini biar elo enggak kaget yak, bukannya jelek-jelekin. Oh iyak, selain itu jangan lupa bawa kaos kaki karena nanti lo akan turun pake sepatu bot, kalo gak pake kaos kaki alamat kaki lo lecet-lecet. Dan juga, jangan lupa untuk bawa baju ganti, karena selain di dalem goa sana pengap dan bikin keringetan, nanti lo juga akan kesiram-siram sama air di dalam goa plus blepotan tanah merah juga. 


#Travel #Alam
Penulis
Penulis alfitrahmat saputro
working in an agency doesn't deter him to keep exploring Indonesia in any free time he had. As a matter of fact, he, who wanted to write a book someday, seems to always be the first person among his friends that has visited any newly-hip beach destination

Artikel Terkait

Daerah Istimewa Yogyakarta - 437 Hits

12 Wisata Antimainstream di Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta - 335 Hits

Lomba Ngejar Kabut di Punthuk Setumbu

Daerah Istimewa Yogyakarta - 299 Hits

Main ke Dunia Lain Bareng Lava Tour Merapi

Advertisement

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.