6 Wisata Belitung Penghilang Rasa Murung


Bangka Belitung - Snorkeling & Diving - 358 Hits

Mungkin benar kata pepatah: Ibu kota Jakarta lebih agresif dibandingkan ibu-ibu commuterline di jam lima sore, bikin lelah pokoknya #eh. (kaya dibawah ini nih).

Via megapolitan.kompas.com

Ya, intinya ada berjuta-juta alasan untuk jadi murung karena hidup di Jakarta, mulai dari macet sampai kelakuan orang-orangnya. Eits.. tapi jangan bermuram durja, mending buang segala kemurunganmu dengan wisata ke Pulau Belitung.

Via myfascioday.blogspot.co.id

Tenang aja, Belitung nggak jauh kok dari Jakarta. Dengan empat puluh lima menit penerbangan, kamu udah sampai ke pulau surgawi ini (di Jakarta waktu 45 menit cuma abis buat menembus kemacetan sudirman kan?). Tiketnya juga terjangkau kantong kok, setara 8-12 cangkir kopi cantik yang kamu biasa upload di Instagram, alias 400 sampai 600 ribuan aja.

Di Belitung ada apaan sih Kakak? Nah.. No more asking, Tamasyeah udah bikin daftar wisata Belitung yang wajib kamu kunjungi.?



1. Hamparan Batuan Granit Super Besar di Pantai Tanjung Tinggi

Adegan berlari-lari di antara bebatuan granit raksasa di tepian pantai jadi adegan ikonik film Laskar Pelangi. Bebatuan granit itu adanya di pantai Tanjung Tinggi. Kalau udah sampai di Belitung, wajib hukumnya untuk datang ke pantai yang satu ini. Pasalnya ada banyak hal yang bakalan kamu lewatkan kalau kamu nggak main-main ke pantai ini.

Via lihat.co.id

Dari Tanjung Pandan (yang biasanya jadi tempat menginap), cuma butuh waktu sekitar 1 jam (jarak sekitar 30 km) untuk sampai ke Tanjung Tinggi. Sesampainya disana, kamu akan segera disambut sama hamparan pasir putih yang bikin kamu pengen gegulingan macam Princess Syahrini waktu di Eropa. 

Via instagram.com/faddylaaldino

Via instagram.com/samsulbakhrisiregar

Via instagram.com/massajii

Air di pantai Tanjung Tinggi juga jernih dan bersih banget, pertama kali liat rasanya kaya pingin ngebasuh habis sisa-sisa polutan jalanan Jakarta. 

Via instagram.com/keripek_sukun

Via instagram.com/asihmakeup

Di sana kamu juga bisa berdiri atau duduk-duduk lucu di atas batu granit layaknya anak-anak Laskar Pelangi.

Via instagram.com/wiecen_16

Via instagram.com/nataliabetet

Kalau kamu ke pantai Tanjung Tinggi menjelang sore, lebih baik kamu stay dan menunggu sunset. Langit yang tadinya biru cemerlang perlahan berubah menjadi jingga, lalu mataharinya perlahan menghilang seolah ditelan perairan Tanjung Tinggi. Dengan pemandangan yang sebegitu indah, duduk-duduk di batu granit yang keras pun berasa seperti duduk dipangku gebetan #ehgimana.

Via instagram.com/fivinho

Via instagram.com/marsud_odie

 

2.  Tersihir Keindahan Birunya Danau Kaolin

Daftar wisata Belitung penghilang murung masih berlanjut, danau Kaolin destinasi kita selanjutnya. Nama danaunya macam nama cewek cakep ya, padahal  kaolin itu adalah mineral aluminosilikat yang biasa dikenal dengan chinese clay. Danau-danau kaolin ini merupakan lubang bekas galian kaolin yang dipakai sebagai bahan baku beberapa industri. ?

Via travelmato.com

Tampilan danau Kaolin ini indah nan magis, birunya air dikelilingi oleh daratan gersang berwarna putih dijamin sukses menyihir kamu untuk gak berkedip. Sedih juga sih melihat gersangnya daratan sekitar. Tapi berhubung keren sedihnya ditahan aja lah, mending foto-foto. Danau Kaolin yang mystical ini emang kece banget buat dijadiin lokasi foto OOTD hipster-hipster ibu kota.

Via instagram.com/mellyabigail 

Via instagram.com/adiartapratama

Via instagram.com/rattnacahya

Lokasi danau Kaolin nggak seberapa jauh dari bandara. Bahkan saat pesawat kamu mau mendarat, danau-danau ini bakal kelihatan lho.
 

3. Puas Snorkeling dan Memandang Belitung dari Atas di Pulau Lengkuas

Buat yang pengen membuang beban di kepala dengan snorkeling, Pulau Lengkuas bisa jadi tujuan berikutnya. Lokasinya bisa dijangkau dari Pantai Tanjung Tinggi, tapi paling sering dijangkau melalui Pantai Tanjung Kelayang. Jaraknya 30 menit dengan perahu motor. 

Via tekooo.com

Terumbu karang di pulau ini oke banget, cocok buat manjain mata kamu yang biasanya cuma melototin layar komputer seharian.

Via instagram.com/selvi.es

Via travel.detik.com

Selain snorkelling, kamu juga bisa melihat penyu-penyu kecil, lucu dan tanpa dosa di penangkaran penyu. Pulau Lengkuas ini memang jadi tempat favorit si ibu-ibu penyu untuk bertelur.

Via momdadi.com

Via aphrodittecheeko.wordpress.com

Puas main dengan penyu, pergi deh ke mercusuar Pulau Lengkuas. Capek sih harus naik tangga ke puncak menara setinggi 60 meter, tapi sampai diatas rasanya segala lelah hilang sudah. 

Via instagram.com/pipit0694

Kamu bakal disuguhi bird-eye view Pulau Lengkuas, hamparan air putih jernih, pasir putih, dan bebatuan granit yang dirangkul oleh birunya langit. Rasanya seperti pengen langsung berdendang dan berpuisi ala Laskar Pelangi #cailah.

Via instagram.com/indonesianbelitung

?Mercusuar ini harap dijaga ya jangan dicorat-coret. Soalnya, bangunan ini tergolong bersejarah karena telah berdiri sejak tahun 1882. Ckck bahkan si mercusuar telah berdiri lebih lama dari Nyonya Meneer, ngga kebayang gimana pegelnya yaa.

Via instagram.com/vcallistav

 

4. Tau Lebih Dalam Tentang Film Laskar Pelangi di SD Replika Gantong dan Museum Kata Andrea Hirata

Cerita Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata memang sukses menginspirasi jutaan pembaca. Pantas saja kalau setelah difilmkan makin banyak yang terinspirasi lalu tertarik melihat latar tempat cerita itu berlangsung. Kalau kamu salah satunya, kamu bisa pergi ke daerah Gantong di Belitung Timur. Setelah cerita ini naik daun, daerah ini jadi akrab disebut sebagai daerah Wisata Laskar Pelangi.

Via belitunginfo.com

Di daerah Gantong ini terdapat replika sekolah SD Muhammadiyah tempat anak-anak Laskar Pelangi belajar. Bangunannya pasti nggak asing lagi bagi kamu yang udah nonton film Laskar Pelangi karya Mira Lesmana dan Riri Riza. Melihat bangunan ini rasanya segala kemurungan kamu hilang deh. Emang kamu masih bisa murung karena bosen hidup di Jakarta kaya gitu, disaat banyak anak-anak yang kesusahan untuk sekolah? ?

Via melissaapril.wordpress.com

Via travelerien.com

Kalo ngomongin Laskar Pelangi pasti akan ngomongin pengarangnya juga, Andrea Hirata. Mas Andrea ini memprakarsai berdirinya museum literatur pertama di Indonesia yang bernama Museum Kata. Tempat ini juga oke banget lho untuk dikunjungi.

Via tekooo.com

Via instagram.com/fajargpjkt

Museum Kata bangunannya berupa rumah tradisional Belitung. Dari luar tampak sederhana, tapi di dalamnya penuh benda-benda memorabilia terkait sastra misalnya foto-foto sampul buku dan pengarang kenamaan dunia. Wah keren! Di Jakarta aja susah lho untuk menemukan tempat yang begitu mengapresiasi sastra macem Museum Kata ini. Selain itu, foto-foto dari adegan film Laskar Pelangi juga dipasang di ruangan-ruangan museum ini juga lho. ?

Via instagram.com/monicaintanputri

Via instagram.com/adityasetyarini

Via instagram.com/gesang_v

 

5. Belitung Ternyata Punya Tarsius di Batu Mentas?

Selain punya pantai di daerah pesisir, Belitung punya wisata lain seperti Batu Mentas. Disana kamu bisa bertemu dengan hewan langka seperti Tarsius dan Rusa Belitung. Di sini kamu juga bisa mencari tumbuhan Kantong Semar diantara rerimbunan. Yah anak muda, daripada bahaya mengincar kantong om-om mending anda cari kantong semar saja.

Via instagram.com/deni_triyanto1

Via instagram.com/biglilmouth

Via instagram.com/atiam_at

Di sini juga ada air terjun yang kereeen banget! Nggak sia-sia berjalan kaki selama 30 menit untuk sampai ke air terjun itu. Saking jernihnya air, ikan-ikan kecil yang berenang-renang pun terlihat oleh mata. Indah banget deh, sampai-sampai Tamasyeah bertanya dalam hati “Apa inikah yang dinamakan air terjun penganten?” (apeu banget ya).

Via wisata-budaya-babel.blogspot.co.id

Via instagram.com/echa2909

Via instagram.com/atiam_at

 

6. Siap-siap Begadang Setelah Wisata Ngopi di Belitung

Daftar wisata Belitung emang nggak terbatas di pantai atau Laskar Pelangi aja, dunia kuliner Belitung juga menarik untuk dieksplorasi para traveler. Kopi salah satunya, Belitung memang terkenal dengan budaya ngopi di warung kopi yang kuat. 

Via momtravelerblog.wordpress.com

Kan katanya ‘travelershould travel like locals do’, so you have to take a shot of Belitung's local coffee when you are there! (Ini kenapa jadi kebule-bulean macam Cinta Laura, switch lagi ke Bahasa Indonesia). Nah, warung kopi yang banyak dikunjungi orang-orang ada di daerah Manggar. Jangan bayangin warung kopi modern seperti di Jakarta yaa, warungnya sederhana saja tetapi kopi yang disuguhkan nikmat tiada tara. Kopi di Manggar merupakan kopi Robusta asal Lampung, rasanya kuat dan cenderung asam.

Via travel.kompas.com

Via travel.kompas.com

Proses pembuatannya unik banget, kamu pasti langsung pengen nge-videoin bagaimana bapak/ibu penjaga warkop membuat kopi yang kamu pesan. Kopinya disaring berkali-kali dari satu wadah ke wadah lainnya, barulah kemudian kopi tersebut dituang ke dalam gelas-gelas. Entahlah apa proses tersebut berpengaruh terhadap rasa atau tidak, tapi yang jelas dengan harga Rp. 3000-4000 kamu bisa dapetin kopi kualitas nomor uno. Ampuuun, jadi ngerasa heran kenapa kopi di Jakarta harganya bikin kantong bolong banget ya? ?

Via tripadvisor.com

Via diarydaria.wordpress.com

Nah itu dia enam wisata asyik di daftar wisata Belitung-nya Tamasyeah. Buat yang lagi murung karena capek hidup di Jakarta, silahkan gapai kalendar terdekat dan cari tanggal yang tepat untuk cus ke Belitung. See ya!


#Travel #Liburan #Alam
editor
Editor Arya Satya Nugraha
a writer born-to-be. Atypical writer who talk less but once he writes, it'll make you drop your jaw because of two things : it is very good and it is very cynical, which is why we like him

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.